Friday, 10 April 2020 14:56

Ketidakpastian Global dan Perseteruan Lembaga Kesehatan Dunia

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Ketidakpastian global akibat wabah covid 19 masih sangat terasa. Hampir tak ada negara yang bisa memastikan bagaimana dan kapan wilayahnya akan bebas dari covid19. Semuanya serba prediksi dan tak pasti. Hanya Wuhan, China yang telah mengalami masa puncak serangan wabah covid19 dan kini menyatakan 0 Persen kasus infeksi baru. Itupun dengan perkiraan selanjutnya apakah wabah covid19 bisa kembali menyerang? 

Jepang yang diprediksi bisa menguasai keadaan, tanpa banyak Protokol pembatasan ternyata kemudian memutuskan lockdown.  Italia yang awalnya terlihat bisa menguasai serangan virus ini, ternyata menjadi negara yang jumlah korban meninggal tertnggi hingga saat ini. 

Amerika termasuk negara yang  sekarang  mengalami puncak serangan COVID 19.  Bahkan kasus infeksi di New York saja sudah melampaui Italia.

Kepanikan dan ketidakpastian ada dimana-mana.  World Health Organization (WHO) / Lembaga Kesehatan Internasional diharapkn bisa menjaga dan memberi arahan agar pandemi global ini bisa segera teratasi dengan baik. Namun kenyataannya tidak semua negara puas dengan kinerja WHO. Perseteruan yang muncul antara pemimpin Amerika Serikat Donald Trump dengan Direktur Jenderal  WHO - Tedros Adhonom Gebreyesus menunjukkan harapan negara- negara agar WHO bisa berperan lebih banyak dalam merespon pandemik ini.

Ancaman Amerika Serikat akan berhenti membayar iuran kepada Lembaga Kesehatan Dunia itu menunjukkan adanya ketidakharmonisan dalam suasana pandemi saat ini. Amerika menganggap WHO lebih Tiongkok centris. Karena ada beberapa arahan kebijakan WHO yang dianggap Amerika, akan lebih menguntungkan Tiongkok. Dana WHO  sebagian besar berasal dari Amerika. 

Dalam kondisi panik pandemi Global seperti sekarang, wajar kiranya negara2 mengharapkan peran WHO yang lebih besar.  Ada orkestrasi negara2 yang tengah dilanda Covid 19 yang perlu dijaga

harmonisasinya oleh WHO. WHO sendiri sdh berharap bahwa upaya penyelamatan dunia dari pandemik corona ini harus dilepaskan dari isu politik dan ancaman lainnya. 

Kita berharap kecemasan dan ketidakpastian global ini segera berlalu. Dan tiap negara dan Lembaga Kesehatan Internasional bisa menjalankan tugasnya dengan baik. 

Read 699 times