Friday, 24 April 2020 11:03

Pandemi Covid 19 dan Ibadah Bagi Umat Islam

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pemeluk agama Islam merupakan kelompok keagamaan terbesar di dunia. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2015, Islam memiliki 1,8 miliar penganut, yang membentuk sekitar 24% populasi dunia. Ramadhan yang merupakan bulan suci bagi kaum Muslim, tahun ini  dimulai  pada tanggal 24 April dan seperti biasa  menjadi momentum penting bagi negara2 Islam. Khususnya Arab Saudi tempat beradanya  dua masjid utama bagi umat muslim   yaitu  Masijidil Haram di kota Makkah dan Masjid Nabawi di  Madinah. Setelah pandemi Covid 19 menyerang berbagai negara termasuk Arab Saudi, ke dua masjid tadi terpaksa  ditutup untuk menghindari sebaran virus mematikan itu. Ramadhan tahun ini pun  menjadi sangat berbeda karena umat tidak bisa melaksanakanberbagai ibadah sebagaimana biasanya. Umroh,  suatu bentuk ibadah massal yang banyak dilaksanakan di bulan Ramadhan otomatis terhenti. Pelaksanaan ibadah Haji tahun ini yang seharusnya berlangsung akhir Juli dikhawatirkan juga tidak bisa dilaksanakan jika sebaran virus corona masih terus melanda dunia.

Di sisi lain, menurut Media Arab Saudi, Raja Salman meski sudah menetapkan penutupan kota Makkah dan Madinah, memutuskan akan tetap membuka dua masjid itu untuk ibadah khas bulan Ramadhan seperti  sholat taraweh dan qiyamul laill setiap malam.  Namun ini  hanya untuk kalangan terbatas seperti keluarga kerajaan  dan karyawannya.  Setelah pelaksanaan ibadah  ke dua masjid tadi akan kembali ditutup.

Sejarah mencatat penutupan musim ibadah haji yang diikuti umat Islam dari seluruh dunia pernah dilakukan sebanyak 40 kali. Pemerintah Arab Saudi tampaknya akan menutup musim haji 2020 jika pandemi virus Covid 19  terus memburuk.

Dengan ditutupnya Makkah Dan Madinah untuk pelaksanaan ibadah Ramadhan dan bahkan kemungkinan ibadah haji tahun ini, maka jelas terlihat betapa dampak  pandemi Covid 19 bagi dunia khususnya umat Muslim.  Bukan hanya  di bidang kesehatan, atau ekonomi semata, ternyata di bidang keagamaan pun terasa.

Semoga pandemic Covid 19 cepat berlalu dan semua kembali seperti semula. Khusunya umat Islam, dapat melaksanakan semua ritual peribadahan tanpa halangan suatu apa.

Read 722 times