Thursday, 28 May 2020 09:31

Indonesia - Norwegia Perkuat Kerjasama Pengurangan Gas Emisi

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO : VOI FOTO : VOI

VOI NEWS Gelombang pasang perjuangan Indonesia melawan deforestasi telah membuahkan hasil. Deforestasi dan degradasi hutan dan gambut telah menurun tiga tahun berturut-turut. Indonesia telah menetapkan target pengurangan emisi nasional yang ambisius. Kontribusi terbesar diharapkan dari pengurangan deforestasi, degradasi hutan dan konversi lahan gambut secara signifikan. Peran Norwegia ada dua, Bantuan keuangan, dan dukungan teknis dan ilmiah. Norwegia juga telah menetapkan target pengurangan emisi yang ambisius di dalam negeri dan bekerja sama dengan Uni Eropa. Pada konfrensi pers yang berlangsung Rabu (27/05/20) di Jakarta, Duta besar Norwegia untuk Indonesia, Vegard Kaale menyampaikan bahwa Indonesia telah berhasil mengurangi gas emisi rumah kaca secara signifikan dibandingkan 10 tahun yang lalu.

“Pengawasan Indonesia diperkuat karena kekuatan penegakan hukum telah memeberikan  perbedaan. Saya sangat senang bahwa dalam sepuluh tahun selama kemitraan ini kami telah memverifikasi bahwa deforestasi telah menurun dibandingkan dengan rata-rata sepuluh tahun. Kemitraan kami sekarang telah memasuki fase tiga yang mulai sekarang kami bayar untuk mengurangi hasil deforestasi.”

Duta besar Kaale menambahkan bahwa kedua negara juga yakin bahwa semangat kemitraan keduanya akan menginspirasi masing-masing negara dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dan Perjanjian Paris, untuk kepentingan saat ini dan untuk generasi mendatang. Menyelamatkan hutan Indonesia tidak diragukan lagi akan membantu kedua negara dan dunia dalam mencapai keduanya. Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK Ruandha Agung Sugardiman mengatakan bahwa pemerintah Norwegia telah memverifikasi untuk membayarkan hasil pengurangan emisi dari deforestasi dan degradasi hutan dan gambut di Indonesia.

“ Di dalam pencapaian kerjasama ini telah banyak hasil hasil yang kita capai untuk kepentingan Indonesia baik di tingkat perusahaan, di tingkat propinsi bahkan sampai di tingkat kecamatan. Salah satu komitmen dari Norway dalam partnership ini adalah pemerintah kerajaan Norway menjanjikan bantuan keuangan hingga 1 milliar dollar Amerika ini yang sebagian besar akan di bayarkan berdasarkan hasil pengurangan emisi deforestasi dan degradasi hutan dan lahan gambut di Indonesia dan ini telah di verifikasi oleh pemerintah Norway dan oleh verifikator independent dan hasilnya sangat membanggakan bagi kita semuanya.”

Indonesia dan Norwegia sedang dalam dialog yang intens baik terkait dengan pembayaran berbasis kinerja untuk hasil yang dicapai, maupun tentang rincian bagaimana kemitraan akan dilaksanakan ke depan, tentu saja dalam kerangka Letter of Intent 2010. Kedua negara pun optimistis bahwa kemitraan akan lebih produktif selama sepuluh tahun ke depan dibandingkan dengan selama sepuluh tahun terakhir. Dari Jakarta Nuke Kusumawati melaporkan//NK

Read 370 times Last modified on Thursday, 28 May 2020 11:18