Tuesday, 09 June 2020 07:13

Jakarta dan Sekitarnya Memasuki Masa Transisi

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Senin, 8 Juni adalah hari pertama Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sekitarnya memasuki masa transisi menuju Kenormalan Baru. Ini ditunjukkan dengan dilonggarkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar -PSBB. Mulai Senin, beberapa sektor perekonomian sudah mulai diizinkan untuk melakukan kegiatan seperti perkantoran, pertokoan, perindustrian, ataupun pergudangan. Transportasi umum seperti ojek online sudah diizinkan beroperasi. Commuter Line juga sudah menambah jumlah perjalanan kereta. Lalu lintas di beberapa ruas jalan protokol dan tol dalam kota Jakarta padat, bahkan ada kemacetan disana-sini. Pasar-pasar kembali bergairah dengan transaksi jual beli.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meminta warga Jakarta atau warga yang tinggal di luar Jakarta tetapi berkegiatan di Jakarta untuk tetap waspada dalam menjalankan aktivitas di beberapa sektor perekonomian yang mulai dibuka Senin. Pasalnya, menurut Gubernur Anies, Jakarta belum bebas dari Covid-19 dan potensi penularan tetap ada.  Lebih lanjut, dia meminta pengelola tempat kegiatan untuk mematuhi prinsip 50 persen kapasitas. Menurut dia, hal tersebut tidak boleh dilonggarkan karena setiap pelonggaran mempunyai risiko penularan yang terlalu besar.

Keberhasilan pencegahan penularan pandemi Covid-19 pada masa transisi bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah setempat, tetapi juga kepatuhan dan kedisiplinan warga. Baik pemerintah pusat maupun daerah telah berupaya keras menerapkan kebijakan-kebijakan untuk menutup peluang penyebaran Covid-19. Diharapkan kesadaran warga untuk menaati aturan yang telah dibuat. Persoalannya bukan terletak pada sanksi atau hukuman yang bakal diterima jika melanggar. Warga harus memikirkan persoalan yang jauh lebih penting, yaitu keselamatan, bukan saja diri sendiri, tetapi juga orang-orang di sekeliling, orang-orang yang mereka kasihi.

Masa transisi ini tepat dijadikan masa pembiasaan diri untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat di tempat umum. Sehingga ke depan, seluruh warga dapat merasakan kondisi yang aman, sehat dan produktif.

Read 738 times