Monday, 06 July 2020 07:02

Pemerintah Luncurkan Kampanye #SemuanyaAdadiSini

Written by 
Rate this item
(0 votes)
 #SemuanyaAdadiSini #SemuanyaAdadiSini

VOI INDONESIAKU Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi meluncurkan kampanye "#SemuanyaAdadiSini" melalui virtual launch, Rabu (1/7). Kampanye #SemuanyaAdaDisini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, yaitu gerakan gotong royong yang dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, serta pelaku usaha dengan belanja produk buatan Indonesia, utamanya produk Industri Kecil Menengah-IKM.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, kampanye Semunya Ada Disini berlangsung mulai 1 hingga 15 Juli 2020. Targetnya adalah 2 juta Usaha Mikro, Kecil dan menengah- UMKM melakukan penjualan online.

VOI INDONESIAKU Selain itu, tujuan kampanye ini adalah menyampaikan pesan bahwa industri Indonesia mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk yang berkualitas, sekaligus ajakan kepada masyarakat untuk membeli produk industri Indonesia, utamanya produk industri kecil dan menengah.

Melalu kampanye ini pemerintah juga ingin mendorong IKM untuk memperluas akses pemasaran melalui media online. Menurut Agus Gumiwang, sejak 2017, Kementerian Perindustrian sudah memulai program perluasan akses pemasaran dengan teknologi digital melalui program e-smart IKM sebagai langkah penerapan peta jalan Making Indonesia 4.0. Kampanye #SemunyaAdaDisini diharapkan akan memperkuat e-smart IKM dengan beberapa rangkaian pembinaan.

Rangkaian pembinaan tersebut dimulai dari pendaftaran program, yang sudah dimulai sejak tanggal 5 Juni 2020, dengan jumlah pendaftar mencapai 2.925 IKM. Pelatihan dan onboarding program dilakukan bekerjasama dengan Lazada, Blibli.com, Tokopedia, Shopee dan Bukalapak.

Diupayakan pula sustainability program untuk menjaga eksistensi IKM di pasar online dengan memberikan capacitiy building, pendampingan, serta fasilitasi lain seperti standardisasi, perizinan, kekayaan intelektual, serta kemasan, bekerjsama sama dengan universitas, Dinas Perindustrian Provinsi dan Daerah, technology provider serta penggerak IKM. Program ini akan berjalan sampai Desember 2020.

Kampanye #SemuanyaAdaDisini diharapkan dapat memperkuat program peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN) lewat ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk membela industri Indonesia dengan belanja produk IKM Indonesia.

Read 806 times Last modified on Tuesday, 07 July 2020 08:06