Tuesday, 20 March 2018 10:14

Jalan Pagi Presiden Joko Widodo

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Siapa yang tak ingin jalan pagi bersama orang nomor satu di negaranya? Mungkin setiap warga Negara mengimpikan hal itu. Jalan kaki sambil bincang santai dengan kepala Negara, tentu bukan momen biasa. Sejumlah remaja Indonesa di Australia dan Selandia Baru mendapatkan kesempatan itu. Jalan pagi bareng Presiden Joko Widodo.

Dalam padatnya jadwal kunjungan ke Australia dan Selandia Baru, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri jalan pagi bersama 18 anak muda berasal dari beberapa daerah di Indonesia peserta ‘Indonesia-Australia Youth Interfaith Dialogue’ di Sydney. Jalan pagi bersama itu diselingi bincang beragam hal, termasuk musik dan olahraga yang digemari presiden. Secara khusus Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada mereka agar menjadi agen toleransi, agen perdamaian yang bisa menceritakan mengenai Indonesia yang beragam suku, beragam agama, beragam bahasa daerah tapi tetap satu menjadi sebuah bangsa besar. 

Di Selandia Baru, jalan pagi menjadi agenda pertama Presiden Joko Widodo. Kali ini, 29 pelajar dan mahasiswa Indonesia di Selandia Baru,  diantaranya 15 orang dari Papua, mendapat kesempatan menemani Presiden Joko Widodo jalan pagi di sekitar Water Front . Dalam diskusi santai setelah berjalan kaki, berbagai topik dibincangkan, diantaranya, ungkapan terima kasih dari pemuda Papua atas perhatian khusus Presiden Joko Widodo untuk Papua.

Mengapa Presiden Joko Widodo memilih jalan pagi sebagai media untuk berdiskusi dengan pemuda?  Tentu banyak alasannya. Presiden Joko Widodo memang gemar jalan pagi. Bisa jadi alasan lain karena ingin  memulai hari dengan yang baik. Jalan santai tanpa pengamanan ketat yang dilanjutkan dengan bincang santai, bisa menjadi media untuk mengetahui  masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Dalam suasana santai dan segar, keluhan, ide-ide, saran, atau kritik bisa disampaikan dengan terbuka. Bukan tidak mungkin, apa yang disampaikan bisa menjadi bahan untuk didiskusikan lebih lanjut dalam  forum yang lebih resmi.

Jalan pagi bukan hanya digunakan presiden Joko Widodo untuk bertemu dengan masyarakat setempat. Satu tahun yang lalu, 30 menit jalan pagi  bersama Perdana Menteri Malcom Turnbull di sekitar Opera House Sydney menjadi bagian dari  kunjungannya ke Australia. Diplomasi jalan pagi itu, menjadi salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan hubungan antar kedua negara agar semakin baik di masa mendatang.

Dalam beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo memang menggunakan momen jalan  pagi untuk bertemu secara langsung dengan  masyarakat setempat. Durasi yang tidak panjang untuk melihat dan bertemu secara langsung dengan masyarakat lewat jalan pagi, bisa menjadi informasi tambahan untuk setiap kebijakan. Langkah yang bisa ditiru oleh kepala daerah, untuk mengetahui permasalahan sebenarnya dalam daerah yang dipimpinnya.

Jalan pagi Presiden Joko Widodo bukan hanya memberikan efek sehat bagi tubuhnya , tetapi diharapkan akan lebih menyehatkan bangsa Indonesia.

Read 1006 times Last modified on Wednesday, 21 March 2018 14:26