Monday, 26 March 2018 00:00

Keroncong

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi keroncong wanita Indonesia, Wiwik Sumbogo. Kita awali perjumpaan kali ini, dengan sebuah lagu berjudul Bengawan Solo.

Bengawan Solo adalah sebuah lagu keroncong yang cukup terkenal dari Indonesia. Lagu ini menceritakan tentang sungai terpanjang di Jawa, yaitu Bengawan Solo. Diciptakan oleh Gesang Martohartonoatau lebih dikenal dengan Gesang, pada tahun 1940, Saat Gesang berusia 23 tahun. Tidak hanya di Indonesia, lagu ini terkenal terutama di Indonesia dan Jepang. Bengawan Solo sempat digunakan dalam salah satu film layar lebar Jepang. Lagu ini diterjemahkan setidaknya ke dalam 13 bahasa, termasuk bahasa Inggris, Rusia, Tionghoa dan bahasa Jepang. Lagu keroncong asli ini telah dibawakan oleh banyak penyanyi, termasuk Gesang dan Wiwik Sumbogo. Awalnya Wiwiek dikenal sebagai penyanyi keroncong dan pop jawa. Namanya sangat dikenal terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Baiklah pendengar, selanjutnya kita dengarkan lagu keroncong berikutnya berjudul Sampul Surat.

lagu ini bercerita tentang seorang yang menerima sepucuk surat yang telah lama dinantikan. Betapa bahagia hatinya. Namun ternyata itu hanyalah sampul surat yang tiada isinya. Walaupun hancur hati, sampul surat tetap disimpan sebagai kenang-kenangan.

karier Wiwiek Sumbogo melejit saat dia merilis album pop Indonesia bertajuk Loyang dan Besi. Pada era 80an tesebut Wiwik sempat merilis beberapa album. Namun album Wiwik yang paling hits adalah Loyang dan Besi. Selain meluncurkan sejumlah album, saat itu Wiwik yang memiliki nama asli Dewi Prasetyawati Sumbogo ini juga sering tampil pada acara musik di stasiun televisi nasional, TVRI. Selain memiliki suara yang merdu, Wiwik juga memiliki paras yang ayu.

Read 1193 times