Friday, 13 November 2020 00:00

Setelah Hampir Setahun Covid 19 Ditemukan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Antaranews Antaranews

VOI KOMENTAR Memasuki pertengahan bulan November 2020, sudah hampir setahun corona / Covid 19 melanda dunia. Apa kabar penanganannya  di berbagai negara?   Meski ada penurunan jumlah kasus di berbagai tempat, namun kenaikan pun masih terjadi, Bahkan ada yang mengalami lonjakan ke dua setelah sempat mereda. Tampaknya keadaan memang  masih tetap memprihatinkan.  Fakta bahwa vaksin tengah diupayakan ditemukan sesegera tampaknya  berjalan seiring dengan angka kasus Covid yang terus naik di berbagai negara.

Amerika Serikat misalnya, mencapai angka penularan tertinggi , 100.000 orang terinfeksi per hari sejak Desember tahun lalu. Pasca terpilihnya Joe Biden sebagai President diduga akan segera dikeluarkan kebijakan lockdown untuk menangani  kasus Covid 19 yang angkanya terus cenderung naik.

Di Turki, pemerintah mengeluarkan larangan merokok di di tempat-tempat umum, setelah lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) tanpa gejala di berbagai wilayah. Dengan adanya larangan ini, warga Turki tidak punya alasan untuk mencopot masker saat merokok di tempat umum. 

Rusia tampaknya menjadi negara yang cukup optimis dengan penanganan Covid 19. Khususnya perkembangan temuan vaksin Rusia, yang diyakini akan sangat berperan menurunkan bahkan mengatasi Covid 19. Namun sampai hari ini jumlah kasusnya pun masih cukup tinggi.

Pandemi Covid-19 yang mulai melanda dunia sejak pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok pada akhir Desember 2019 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan tetapi juga sektor sosial dan ekonomi,  bahkan hampir  semua lini kehidupan manusia. Sejauh ini, sepertinya  masih belum ditemukan  formula yang tepat  dalam penanganan covid 19. Trend sebaran virus masih terus tinggi. Sehingga sulit diprediksi kapan Dunia betul2 bebas dari Covid 19.

Di berbagai negara vaksin sudah mulai diujicoba. Seiring waktu dan upaya, kesadaran menjaga kebersihan, pola hidup sehat dengan protap Covid pun  menjadi gaya hidup yang mengglobal. Ini  semua menjadi harapan  kunci jalan keluar  terbesar penurunan angka Covid.

Read 622 times Last modified on Wednesday, 18 November 2020 15:07