Monday, 25 January 2021 00:00

Pemerintah Buka Peluang untuk Vaksinasi Mandiri

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI KOMENTAR Pemerintah Indonesia tengah mempertimbangkan untuk mengijinkan perusahaan swasta melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara mandiri. Sebelumnya pemerintah telah memutuskan untuk memberikan vaksinasi secara gratis kepada semua warga.  Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa vaksinasi mandiri alias berbayar  dapat diterapkan untuk mempercepat program vaksinasi ke seluruh masyarakat di Indonesia. Menurutnya, penyediaan vaksin secara mandiri akan membantu pemerintah untuk mempercepat  terbentuknya  kekebalan kelompok (herd immunity) di masyarakat guna mencegah penularan pandemi yang lebih luas lagi. Presiden menyebut, vaksin mandiri dapat dilakukan dengan merk vaksin yang berbeda serta dilaksanakan di tempat yang berbeda. Perusahaan akan diizinkan membeli vaksin sendiri dengan produsen vaksin Covid-19. Syaratnya, vaksin tersebut harus sesuai dengan yang diiizinkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).  Data penerima vaksin juga harus dilaporkan kepada pemerintah sehingga tidak ada tumpang tindih vaksinasi.

Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dengan lingkup tugas Kesehatan dan Ketenagakerjaan juga memberikan lampu hijau atas kemungkinan pelaksanaan vaksinasi mandiri terutama untuk kalangan perusahaan. Ketua Komisi IX DPR,  Felly Estelita Runtuwene menyatakan mempertimbangkan untuk mendukung rencana program vaksin mandiri Covid-19 tersebut . 

Indonesia memiliki sekitar 30 ribu vaksinator, 10 ribu Puskesmas, dan tiga ribu Rumah Sakit yang dapat digerakkan untuk mempercepat vaksinasi. Berdasarkan perhitungan, apabila setiap vaksinator dapat melakukan vaksinasi terhadap 30 orang dalam sehari maka vaksinasi ditargetkan dapat dilakukan terhadap hampir 1 juta orang dalam sehari. Artinya program vaksinasi di seluruh daerah di Indonesia akan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari setahun. Sementara angka penularan positif di Indonesia masih tinggi, bahkan pernah melebihi 14.000 kasus positif dalam satu hari.

Opsi untuk pelaksanaan vaksinasi mandiri ini masih dalam tahap pembahasan oleh pemerintah, dan jika benar-benar terlaksana maka program vaksinasi di Indonesia kembali seperti rencana awal pemerintah yaitu vaksinasi gratis (bersubsidi) dan berbayar.

Read 565 times Last modified on Monday, 25 January 2021 13:24