Wednesday, 18 April 2018 11:32

Kemlu RI dan WIPO Siap Kerja Sama di Bidang Ekonomi Kreatif.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Kementerian Luar negeri  diwakili  Staf Ahli Menteri Luar Negeri Bidang Diplomasi Ekonomi telah menerima kunjungan dari Deputy Director General (DDG) for Copyrights and Creative Industry Sector, World Intellectual Property Organization (WIPO), Ms. Sylvie Forbin kamis (12/4). Kunjungan ini merupakan tindak lanjut pertemuan Direktur Jenderal  WIPO pada September 2017 dengan Wamenlu RI untuk membahas peran dan dukungan WIPO terhadap penguatan dan penyusunan kebijakan kekayaan intelektual di Indonesia, khususnya di bidang industri ekonomi kreatif. Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, kekayaan intelektual menjadi isu yang sangat penting bagi Indonesia, khususnya dalam hal mendorong kontribusi sektor ekonomi kreatif terhadap perekonomian. Sejalan dengan itu, Kementerian Luar Negeri  menyampaikan rencana penyelenggaraan World Conference on Creative Economy (WCCE) bulan November di Bali, dan sekaligus meminta dan keterlibatan dukungan WIPO dalam kegiatan tersebut. Hal ini disambut baik oleh Deputy Director General Sylvie Forbin yang menyatakan siap  mendukung penyelenggaraan WCCE.

Manila Menjadi Tuan Rumah “Sosialisasi dan Bimtek” Pemilu 2019.

Panitia Pemilihan Luar Negeri Manila menjadi tuan rumah Sosialisasi dan Bimbingan teknis-Bimtek Pemilu 2019, yang dihadiri 48 peserta dari 6 Perwakilan RI, yaitu Bangkok, Dili, Singapura, Manila, Davao dan Songkhla. Hadir Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Pramono Ubait Tanthowi dan Sekretaris Jenderal  KPU Arif Rahman Hakim. Bimbingan Teknis Pemilu berlangsung di Manila pada 14 dan 15 April 2018 dengan materi seputar pembekalan dari KPU Pusat dan Pokja (Kelompok Kerja) PLN (Pemilu Luar Negeri) mengenai landasan hukum dan peraturan terkait Pemilu LN, serta mekanisme kerja dan manajemen anggaran PPLN sebagai bagian untuk mensukseskan Pemilu serentak 2019 (Pemilihan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden). Sosialisasi Pemilu 2019 dilaksanakan di KBRI Manila pada 14 April 2019 dan dihadiri sekitar 200 masyarakat Indonesia di Manila dan sekitarnya. Duta Besar RI Manila  Sinyo Harry Sarundajang menyampaikan ucapan selamat datang dan apresiasi atas kehadiran Tim KPU Pusat dan Kelompok Kerja Pemilu Luar negeri , serta para peserta Bimtek Pemilu 2019 pada kegiatan Sosialisasi dan Bimtek Pemilu 2019.

Indonesia Mendukung Perlindungan Dua Situs Warisan Budaya Dunia di Palestina.

Sejalan dengan arahan Menteri Luar negeri  RI, Retno Marsudi  Palestina selalu berada dalam detak jantung diplomasi Indonesia, dan  memandang pentingnya peran UNESCO dalam melindungi Kota Tua Jerusalem dan Tembok Jerusalem, serta upaya untuk rekonstruksi dan pembangunan Gaza dan dua situs warisan budaya di Hebron dan Bethlehem. Hal tersebut ditegaskan Letnan Jenderal  TNI (Purn) Hotmangaraja Pandjaitan, Duta Besar/Wakil Tetap RI untuk UNESCO dalam pembahasan mata agenda 25 mengenai Occupied Palestine di sidang sesi ke-204 Dewan Eksekutif United Nations Education, Scientific and Cultural Organization/UNESCO di Paris, (12/4/2018). Duta Besar  Hotmangaraja menegaskan situs warisan yang tertulis di Palestina seyogyanya dilestarikan sebagai warisan budaya dunia yang utuh dan tidak terpisah satu sama lain. Hal ini disebabkan situs-situs tersebut tidak hanya berfungsi sebagai wujud budaya atau peradaban suatu bangsa tertentu, melainkan gambaran lengkap dari sejarah manusia yang beragam. Situs warisan budaya yang diupayakan perlindungan oleh UNESCO adalah dua situs di Palestina, yaitu Al Haram Al Ibrahim/Makam para Pendiri di Al Khalil/Hebron dan Mesjid Bilal Ibn Rabah/Makam Rachel di Bethlehem.

Read 944 times