Saturday, 13 January 2018 13:57

Senegal Beri Insentif Pajak untuk Indonesia, Tari Bali dan Angklung Meriahkan “Kulturschrank”.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Dorong Investasi, Senegal Berikan Insentif Pajak Bagi RI.

Diembiring adalah sebuah kota kecil di wilayah Casamance Senegal yang saat ini sedang membuka peluang investasi besar-besaran. Walikota Diembiring, Tombon Gueye, yang melakukan kunjungan kerja ke Kedutaan Besar RI Dakar baru–baru ini  mengatakan, Pemerintah Senegal akan memberikan insentif pembebasan pajak selama 12 tahun bagi para investor yang berminat menanamkan modalnya di Diembiring. Pemerintah Senegal juga memberlakukan pembebasan pajak selama 10 tahun untuk investasi di bidang pariwisata.

Tombon yang membawa sejumlah delegasi dalam kunjungannya tersebut mempresentasikan berbagai peluang investasi yang dapat dimanfaatkan pengusaha Indonesia.Sejumlah bidang kerja sama disebutkan oleh Tombon seperti budidaya kelapa sawit, padi dan mangga. Tombon mengatakan pertanian di Diembiring sangat memerlukan transfer pengetahuan dan teknologi dari Indonesia agar hasil pertanian tersebut diproduksi secara massal dan diekspor. Bidang lainnya yaitu peternakan dan aquakultur terbuka lebar untuk investasi bagi Indonesia.

Menanggapi peluang investasi yang disampaikan Tombon, Duta Besar RI untuk Senegal merangkap Gambia, Republik Guinea, Guinea-Bissau, Mali, Pantai Gading, dan Sierra Leone, Mansyur Pangeran mengatakan, investasi di Diembiring cukup menjanjikan karena wilayahnya yang subur dan terkenal akan industri pariwisatanya, yaitu Cap Skirring yang merupakan kawasan wisata pantai dan resort terbaik di Senegal. Untuk menjajaki kerja sama tersebut, Duta Besar Mansyur mengatakan KBRI Dakar akan segera mengumpulkan data yang lebih detil karena informasi investasi ini sangat penting untuk diangkat dalam Rapat Kerja Seluruh Kepala Perwakilan RI yang diadakan bulan Februari di Jakarta.

 


 

Tari Bali dan Angklung Meriahkan Pameran Budaya “Kulturschrank”.

Masyarakat Indonesia diwakili Lembaga Persahabatan Indonesia – Jerman Niedersachsen (Deutsche Indonesische Gesellschaft-DIG Niedersachsen e.V.) dengan dukungan Konsulat Jenderal RI Hamburg  berpartisipasi pada acara “Kulturschrank" (Lemari Budaya) yang diselengarakan di Haus der Kulturen, Braunschweig, Niedersachsen, baru–baru ini. Acara ini memadukan pertunjukan seni budaya, pameran, dan kuliner dari dua negara yang ditampilkan, yaitu Indonesia dan Polandia. Acara diawali dengan tarian Panyembrama yang ditampilkan anggota masyarakat Indonesia di Braunschweig dan kemudian dilanjutkan dengan pameran alat musik tradisional angklung yang dilaksanakan dengan partisipasi penonton.Penyelenggara membagikan alat-alat angklung dan kemudian memandu penonton memainkan beberapa lagu dengan instrumen tersebut, yang disambut sangat meriah  pengunjung.

Selain pertunjukan seni budaya dan pameran, rangkaian acara “Kulturschrank" juga mencakup penyelenggaraan berbagai lokakarya yang bertujuan memperkenalkan masyarakat Jerman pada budaya tiap negara secara lebih interaktif. Terkait hal tersebut, Indonesia menyelenggarakan dua lokakarya yaitu lokakarya tari Bali pada 11 Januari dan lokakarya memasak masakan Indonesia pada 12 Januari. Partisipasi Indonesia pada “Kulturschrank" berlangsung pada tanggal 9 - 26 Januari bersama Polandia dan dilanjutkan tanggal 6 – 23 Februari bersama Suriah. 

 


 

Kementerian Luar Negeri  Berkomitmen Sukseskan Pemilu di Luar Negeri.

Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Mayerfas dan Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arif Rahman Hakim melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemilu di luar negeri di Kantor Kemenlu, Jumat (12/1). Sekjen Mayerfas dalam sambutannya mengatakan, kementerian luar negeri dan Komisi Pemilihan Umum akan bekerja sama dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 bagi Warga Negara Indonesia di Luar Negeri. Perjanjian ini adalah sebagai pedoman bagi Komisi Pemilihan Umum KPU dan Kemenlu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Kementerian Luar Negeri yang membawahi 132 Perwakilan RI di luar negeri berkomitmen untuk membantu kesuksesan dan kelancaran Pemilu di luar negeri tahun 2019, sesuai dengan amanat Undang – Undang Pemilu No.7 Tahun 2017. Kemenlu siap membantu dan memfasilitasi agar penyelenggaraan Pemilu di luar negeri berjalan dengan baik dan lancar. 

Read 1047 times Last modified on Saturday, 13 January 2018 11:10