Sunday, 29 April 2018 00:00

Festival Teluk Jailolo 2018

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

Pulau Halmahera, pulau terbesar yang ada di kepulauan Maluku punya berbagai pesona, baik alam maupun budayanya. Tentu diperlukan waktu yang tidak sedikit untuk mengelilingi seluruh pulau Halmahera. Karenanya, pengunjung pun mungkin akan kebingungan untuk memilih bagian mana yang harus dikunjungi.

Cara termudah untuk memilih adalah dengan mengikuti beragam acara yang diadakan, salah satunya Festival Teluk Jailolo. Sejak tahun 2009, Festival Teluk Jailolo menyajikan beragam primadona alamnya serta kearifan lokal di Halmahera Barat. Festival ini setiap tahunnya diadakan pada bulan April atau Mei.

di tahun 2018, Festival Teluk Jailolo kembali diadakan, tepatnya pada tanggal 3 sampai 5 Mei 2018. Tahun ini, Festival Teluk Jailolo disebut akan lebih meriah karena menyajikan rangkaian acara budaya, seni, dan kuliner khas Halmahera Barat.Secara umum, rangkaian acara Festival Teluk Jailolo berisikan Sasadu di Laut, Seni Budaya Moloku Kie Raha, Parade Budaya, Sigofi Ngolo, Orom Sasadu, Pagelaran Seni, Gelar Kuliner Makanan Khas Halmahera Barat, dan pameran.

rangkaian acara Festival Teluk Jailolo tentunya tidak boleh dilewatkan, salah satunya Sasadu di Atas Laut. Sasadu di atas laut merupakan seni pertunjukan kontemporer yang menggabungkan tarian dan musik tradisional dengan drama dan koreografi yang berakar pada budaya masyarakat Jailolo. Pertunjukan ini dipersembahkan secara langsung oleh masyarakat setempat, mulai dari koreografi, alat musik, busana, dan dandanannya.

Selain pertunjukan seni, pengunjung juga bisa menyaksikan ritual adat yaitu Orom Sasadu dan Sigofi Ngolo. Orom Sasadu adalah ritual syukur suku Sahu saat panen. Biasanya, ritual Orom Sasadu diadakan setiap bulan Januari dan Agustus. Kegiatannya cukup sederhana, yaitu makan bersama dan permainan musik khas Sahu. Sementara itu, Sigofi Ngolo adalah ritual membersihkan laut untuk menyingkirkan semua niat buruk dan meminta izin kepada alam sebelum memulai pelayaran dengan niat yang tulus. Saat Sigofi Ngolo berlangsung, kapal nelayan yang sudah didekorasi dan didoakan akan pergi mengelilingi pulau Babua, sebuah tempat suci.

Pergi ke Halmahera, tentunya tidak lengkap tanpa menikmati alamnya. Selain mengikuti Festival Teluk Jailolo 2018, pengunjung juga disarankan untuk mengunjungi berbagai pantainya. Ada lima pantai yang sayang untuk dilewatkan yaitu Pantai Tuada, Pantai Idamdehe, Pantai Babua, Pantai Marimbati, dan Pantai Galala. Akses menuju tempat Festival Teluk Jailolo 2019 tidaklah sulit. Pengunjung perlu naik pesawat hingga Bandara Sultan Baabulah, Ternate. Dari Ternate, pengunjung bisa naik kapal cepat ataupun kapal kayu menuju teluk Jailolo. Kemudian, karena acaranya berlangsung selama beberapa hari, pengunjung bisa tinggal sementara di penginapan dengan harga yang cukup terjangkau.sekian WarnaWarni kali ini. Kita jumpa lagi besok dengan topik menarik lainnya.

Read 1216 times Last modified on Tuesday, 01 May 2018 15:28