Saturday, 05 May 2018 22:26

Indonesia Dorong Kerjasama dengan Negara di Kawasan Pasifik Selatan

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Rapat Kabinet Terbatas Jumat 04.05.2018 Rapat Kabinet Terbatas Jumat 04.05.2018 Setpres

Presiden Joko Widodo menekankan pentingnya dilakukan langkah terobosan untun dapat menjalin kerjasama yang konkrit dengan negara-negara di kawasan pasifik selatan. Dalam Rapat Kabinet Terbatas, Jumat di Kantor Presiden Jakarta, Presiden mengatakan dirinya optimis negara-negara di kawasan Pasifik Selatan akan membuka diri untuk menjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dengan Indonesia. Indonesia, menurut Presiden, harus dapat memanfaatkan keuntungan geografis yang dihimpit dan berdekatan dengan dua benua dan dua samudera.

“Untuk negara-negara di kawasan samudera pasifik kita perlu terobosan untuk menggalang kerjasama yang lebih konkrit terutama kerjasama dengan negara-negara di kawasan pasifik selatan yang secara geografis dekat dengan negara kita. Saya yakin negara-negara di kawasan pasifik selatan seperti Naoru, Vanuatu, Tufalu, Fiji, PNG, Salomon Island, Samoa, Tonga, sangat terbuka untuk kerjasama dengan negara kita dalam berbagai bidang,” kata Presiden Joko Widodo.

Lebih lanjut, Presiden menyampaikan Indonesia memiliki potensi untuk membangun hubungan kerjasama dengan negara-negara di kawasan Pasifik Selatan. Dirinya menyebut ruang kerjasama tersebut mencakup bidang kebudayaan, pendidikan, ekonomi, investasi, dan perdagangan. Selain itu dirinya pun mendorong agar Indonesia juga dapat mengembangkan pangsa pasar ke negara-negara non-tradisional termasuk negara-negara di kawasan Pasifik Selatan. (VOI/Ndy/RN)

Read 779 times