Friday, 04 May 2018 00:00

Lagu Daerah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, akan menghadirkan lagu-lagu dari daerah Palalawan, Provinsi Riau.

Mengawali Pelangi Nada kali ini, mari kita dengarkan sebuah lagu berjudul “Palalawan”, dibawakan oleh Maharani.

itulah sebuah lagu yang dibawakan oleh Maharani, berjudul “Palalawan”. Kabupaten Palalawan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, daerah pemekaran kabupaten Kampar yang dibentuk pada Tahun 1999.

Lagu yang diciptakan oleh Tengku Azmun Jaafar ini bercerita tentang daerah “Palalawan” sebagai negeri yang dicintai masyarakatnya, dimana mereka lahir dan dibesarkan oleh ayah dan bunda. Lagu ini juga bercerita tentang keindahan Palalawan yang dibelah oleh sungai Kampar yang indah berliku hingga ke samudra. Tanahnya yang masih subur serta budayanya yang masih murni terjaga. Melalui syairnya, lagu Palalawan juga mengajak putra-putri yang berada di rantau agar pulang dan bersama-sama membangun negeri.

berikut kita dengar sebuah lagu berjudul “Khatulistiwa” dibawakan oleh Tengku Zakir.

Demikianlah sebuah lagu berjudul “Khatulistiwa”. Lagu dengan nuansa musik melayu yang cukup kental ini diciptakan oleh Eryk S. Bukan hanya iringan musiknya saja, nuansa syair melayu juga terlihat jelas dalam lagu ini, misalnya pengulangan penggalan ungkapan atau kalimat tertentu. Lagu ini menceritakan tentang sebuah tugu megah yang berdiri di daerah Pangkalan Lesung, Palalawan. Tugu khatulistiwa yang menjadi kebanggaan masyarakat Palalawan. Pada bagian lagu ini ditulis : Pangkalan lesung namanya negeri tempat berdiri tugu yang megah diberi nama, diberi nama khatulistiwa...

lagu ini dibawakan dengan baik oleh Tengku Zakir. Karakter vokalnya sangat cocok membawakan lagu bernuansa melayu.

Untuk mengakhiri Pelangi Nada kali ini, mari kita dengarkan 2 buah lagu daerah Palalawan berjudul “ Alam Sejati” dibawakan oleh Maharani dan “Bujang Lapuk” dibawakan oleh Tengku Zakir dan Maharani.

Read 996 times