Friday, 18 May 2018 00:00

Lagu Daerah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, di putarkan lagu-lagu dari daerah Sumatera Selatan. mengawali perjumpaan, lagu berjudul “Ombai Akas”.

demikianlah lagu “Ombay Akas” oleh Faisal Java & Sariwijaya. Sebagian dari lirik lagu berbahasa Komering ini adalah berupa pantun. Liriknya menggambarkan seseorang yang tengah merayu sang pujaan hati. Lagu "Ombay Akas" biasa dinyanyikan sendirian ataupun duet yang berbalasan.Lagu dari Sumatera Selatan berikutnya yang akan kami hadirkan untuk anda adalah "Cuk Mak Ilang". Lagu "Cuk Mak Ilang" punya banyak versi. Namun, tema utama yang hadir dalam liriknya adalah cinta kaum muda, seperti patah hati karena pacar direbut orang, bertemu pujaan hati, dan rasa rindu. Dalam beragam versinya, lagu "Cuk Mak Ilang" berisikan pantun yang disebut dapat menjadi semakin panjang apabila semakin banyak orang yang ikut menyanyikannya.

banyak lagu dari Sumatera Selatan yang memang bernuansa gembira. Namun, tidak dipungkiri tetap ada beberapa lagu lain yang bermakna mendalam, seperti "Jengan Harak" dan "Dirut". Lagu "Jengan Harak" yang secara harafiah berarti "Jangan Bercerai" berisikan pesan bagi kaum muda, terutama yang baru menikah. Pesan lagunya adalah apabila merayakan pernikahan, tidak perlu terlalu mewah. Lalu, jangan sampai baru satu bulan menikah, tetapi sudah bertengkar dengan pasangan.

Sementara itu, lagu "Dirut" bukanlah singkatan dari "Direktur Utama". Dirut adalah nama seorang anak kecil yang ditinggal ayahnya pergi merantau. Dirut sangat rindu dengan sang ayah, tetapi sang ayah tidak akan pernah pulang lagi. Sebab sang ayah sudah meninggal dunia di perantauan.

Menutup perjumpaan dalam Pelangi Nada edisi Sumatera Selatan kali ini, kami hadirkan lagu "Jengan Harak" oleh Icha Sischalhaci" dan "Dirut" oleh Carel Simon.

Read 1293 times