Wednesday, 16 May 2018 00:00

Bimbo “Selamat Datang Ramadhan”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

 

 

Pelangi Nada edisi kali ini, Voice Of Indonesia menghadirkan lagu-lagu nostalgia religi dari grup musik Indonesia, Bimbo. Mengawali perjumpaan, saya hadirkan lagu berjudul “Selamat Datang Ramadhan”.

Trio Los Bimbos merupakan cikal bakal dari grup musik Bimbo yang terbentuk sejak tahun 1967. Anggotanya terdiri dari 3 bersaudara yaitu Sam, Acil, dan Jaka. Pada pertengahan tahun 1970-an, Trio Los Bimbos kemudian berganti nama menjadi Bimbo dengan menambahkan seorang personil yakni Iin Parlina, adik perempuan mereka. Bersama Iin, grup musik yang dikenal dengan lagu-lagu balada dengan musik yang dipengaruhi musik latin ini mulai membuat lagu-lagu dengan tema keseharian, seperti “Abang Becak”. Memasuki era 1980-an, Bimbo mulai membuat lagu-lagu kritik sosial dan juga religi. Lagu religi pertamanya berjudul “Tuhan”. Pendengar, segera hadir lagu “Tuhan” ke dalam ruang dengar anda.

demikian lagu “Tuhan” yang dinyanyikan oleh Bimbo. Lagu ini diciptakan Sam yang terinspirasi usai melaksanakan ibadah salat Jumat. Lirik lagu ini dibuat oleh penyair dan sastrawan terkenal Indonesia, Taufiq Ismail. Lirik yang sederhana namun memiliki makna dalam dibalut dengan sentuhan musik dari Sam serta vokal Bimbo yang khas menjadikan lagu ini melegenda. Hingga kini, lagu tersebut masih sering diperdengarkan pada masyarakat, terlebih kala bulan suci Ramadhan datang. Lagu ini menceritakan bahwa Tuhan sebagai zat Yang Maha Esa merupakan tempat manusia mengeluh, mengadu, memohon ampunan dan perlindungan.

menutup perjumpaan, hadir dua buah lagu yang liriknya juga dibuat oleh Taufiq Ismail berjudul “Sajadah Panjang” dan “Anak Bertanya Pada Bapaknya”.

Read 2597 times Last modified on Thursday, 17 May 2018 21:49

Media

{com/watch?v=te4eRCUNvuEremote}https://voinews.id/indonesian/https://www.youtube.com/watch?v=te4eRCUNvuE{/com/watch?v=te4eRCUNvuEremote}