Sunday, 03 June 2018 08:39

“Asian Games 2018 Majukan Produk Dalam Negeri”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Saudara, Perhelatan akbar Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus nanti diharapkan akan memberikan manfaat yang besar kepada bangsa Indonesia. Salah satu manfaat yang dirasakan oleh masyarakat adalah dampak langsung ekonomi dari berbagai sektor. Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir, menjelaskan bahwa penyelenggaraan Asian Games 2018 akan memberikan legacy dan membawa dampak positif yang besar bagi Indonesia baik dari sisi dampak ekonomi, Terkait dengan dampak ekonomi, Berdasarkan perhitungan sementara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional-Bappenas dampak ekonomi dari pengeluaran pengunjung selama tinggal di Indonesia untuk Asian Games 2018 sebesar Rp 3.6 Triliun dengan komposisi 88 persen pengeluaran berasal dari penonton dan wisatawan, diikuti 4,67 persen pengeluaran oleh atlet, 3,96 persen pengeluaran awak media, 2,34 persen pengeluaran officials, dan 0,77 persen pengeluaran sukarelawan. Akomodasi diperkirakan menjadi komponen pengeluaran terbesar yang mencapai 1,3 triliun rupiah. Hal itu dikatakan Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018-INASGOC Erick Thohir dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (30/5/2018). Ia mengatakan, pengeluaran pengunjung diharapkan juga termasuk pembelian merchandise resmi Asian Games 2018.

Direktur Merchandise Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Mochtar Sarman mengatakan bahwa Panitia mendahulukan perusahaan dan Usaha Mikro Kecil Menengah-UMKM nasional untuk menjadi pemegang lisensi merchandise resmi, hal ini merupakan upaya dalam mempromosikan produk dalam negeri kepada dunia. Panitia Pelaksana Asian Games 2018 telah memilih 17 perusahaan dan UMKM nasional sebagai pemegang lisensi untuk memproduksi dan menjual merchandise resmi Asian Games 2018. Mochtar menjelaskan, 17 pemegang lisensi melalui proses seleksi yang ketat. Beberapa komponen yang coba diukur adalah kualitas dan orisinalitas produk dan kekuatan jaringan distribusi. Selain itu mitra pemegang lisensi harus memiliki daya serap mitra dan pemberdayaan mitra UMKM serta memiliki kredibilitas perusahaan yang baik.

Terkait dari sisi desain merchandise, Ketua Pelaksana Asian Games - Erick Thohir menjelaskan bahwa keseluruhan produk tanda mata adalah karya anak bangsa Indonesia. Melalui Asian Games, INASGOC berupaya agar produsen dan desainer Indonesia naik kelas secara global. Menariknya lagi, Erick menjelaskan bahwa tidak ada dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang digunakan untuk produksi merchandise, karena produksi dilakukan oleh para mitra dengan skema bagi hasil. Saat ini, merchandise resmi Asian Games 2018 telah dijual di website resmi Asian Games 2018, lebih dari 2,000 pusat perbelanjaan waralaba, portal belanja online dan booth resmi yang tersebar di beberapa mal. INASGOC menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk selalu membeli merchandise resmi, karena hasil dari penjualannya akan langsung diserahkan ke negara.

Read 875 times Last modified on Saturday, 02 June 2018 10:37