Saturday, 02 June 2018 10:10

Penampahan Galungan dan Purnama Tong-Tong Fair

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Ada yang istimewa pada Tong-Tong Fair di hari ke-6, Selasa, 29 Mei 2018 ini. Memperingati hari Penampahan Galungan yang jatuh tepat pada 29 Mei 2018, atau sehari menjelang Hari Raya Galungan ini, komunitas Hindu dan Gamelan Semara Gita yang didukung oleh Kedutaan Besar RI-KBRI Den Haag mempersembahkan rangkaian pertunjukan Penampahan Galungan dan Purnama bagi pengunjung yang memadati area Podium Tong-Tong Fair. Duta Besar-Dubes RI Den Haag I Gusti A. Wesaka Puja, turut berpartisipasi dengan menarikan tari Topeng Keras, salah satu tarian topeng tunggal Bali. Selain tari Topeng Keras oleh Dubes RI Den Haag, Arnaud Kokosky, Direktur Artistik Tong-Tong Fair juga turut memeriahkan rangkaian pertunjukan dengan tarian topeng tua (sosok sesepuh). Panempahan Galungan diperingati umat Hindu dengan melakukan berbagai ritual untuk menetralisir energi negatif agar menjadi energi positif. Pertunjukan Panempahan ini semakin memperkaya aneka pertunjukan budaya pada Tong-Tong Fair, Festival Budaya Asia terbesar di Eropa, yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-60 kalinya. Setiap harinya, selama 11 hari, Tong-Tong Fair menyajikan berbagai pertunjukan budaya Indonesia dari tari, musik, hingga silat. Tong-Tong Fair akan berlangsung hingga 3 Juni 2018 mendatang.

Tim Panahan Indonesia Berhasil Juara Tiga di International Fatih Cup Archery Competition di Istanbul

Konsulat Jendral RI-KJRI Istanbul mendapat kunjungan dari Tim Panahan Indonesia yang telah berhasil merebut juara tiga pada ajang 6. Uluslararası Fetih Kupası Okçuluk Yarışması / 6th International Fatih Cup Archery Competition 27-29 Mei di Archery Foundation, İstanbul pada Rabu (30/5). Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Konsul Jenderal RI Istanbul, Herry Sudradjat, atas Tim Panahan Indonesia yang datang dengan seluruh tim. Tim Indonesia ini sendiri secara resmi merupakan binaan dari organisasi Perkumpulan Olahraga Panahan Berkuda Indonesia (KPBI).  Prestasi yang membanggakan tersebut diraih berkat sebuah kerja keras tim yang berhasil menyisihkan sekitar 300 peserta lainnya dari 50 negara peserta. Adapun juara pertama dan juara kedua kompetisi ini direbut oleh Turki sebagai tuan rumah kompetisi. Atas prestasi yang cukup membanggakan ini, Konjen RI Istanbul berharap supaya Tim Indonesia ini bisa mempertahankan maupun meningkatkan prestasi panahan tersebut, serta secara rutin dapat mengikuti kompetisi panahan bertaraf internasional di Istanbul, Turki maupun negara lainnya. Ajang kompetisi panahan internasional ini juga sekaligus sebagai ajang untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Indonesia

Dubes RI Bertemu Para Mahasiswa Indonesia di Aarhus University

Duta Besar RI untuk Denmark, Muhammad Ibnu Said, melakukan kunjungan kerja di Aarhus University sekaligus menghadiri proses Persidangan Sdri. Deby Febyani Mahasiswi Indonesia program  PostDoc Fakultas Science dan Technology dengan Judul "Cheap Disposible Electrochemical Biosensors for the Detection of Bacteria in the Water" bertempat di Auditorium Universitas Aarhus terletak sekitar 320 Km dari Ibukota Kopenhagen, pada Rabu(30/5). Dalam kunjungan ini Dubes RI juga berkesempatan untuk bertemu dengan Head of Department, mewakili Dekan Science dan Technology, Professor Trolle Rene Linderoth. Dalam pertemuan ini dibahas kemungkinan peningkatan kerjasama pendidikan khususnya bidang Science dan Technology. Sementara itu dalam keterangannya Dubes RI menerangkan sistem pendidikan di Indonesia, Dubes RI juga menyambut baik gagasan Professor Trolle untuk penguatan Research khususnya apabila Indonesia dapat berkontribusi dalam mendukung iNANO Science Program. Dubes RI juga menambahkan bahwa Nanomedicine juga memiliki pengaruh besar utamanya Indonesia dengan iklimnya yang tropikal, Indonesia menawarkan kemungkinan dilakukannya kolaborasi antara iNANO Science dengan beberapa Universitas terkait yang berada di Indonesia. Indonesia ingin mengenalkan berbagai potensi yang terkait seperti Palm Oil, Produk Herbal yang mungkin dapat dipadukan dengan program iNANO Center. Mengakhiri kunjungan ini Dubes RI juga berkesempatan untuk menemui dan bersilaturahmi dengan sekitar 30 Mahasiswa Indonesia yang berada di kota Aarhus.

Read 1026 times