Tuesday, 05 June 2018 10:01

KBRI Perth Memperingatan Nuzulul Quran 17 Ramadhan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Konsulat Jenderal RI di Perth bersama masyarakat  Muslim Indonesia pada Sabtu (2/6) yang bermukim di Perth dan sekitarnya memperingati malam  Nuzulul Quran bertepatan dengan 17 Ramadhan atau turunnya Al Quran yang dibarengi dengan buka puasa bersama. Malam peringatan Nuzulul Quran antara lain diisi oleh pembacaan ayat-ayat suci Al Quran dan penampilan nasyid oleh putra putri Indonesia yang dibawakan dengan apik. Peringatan turunnya Quran ini diisi juga dengan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Aep Syaifullah dengan judul “Keutamaan Berinteraksi dengan Al Quran”.

Sekitar 700 orang hadir menikmati suasana kekeluargaan yang hangat yang menjadi ciri khas kegiatan masyarakat Indonesia yang sedang merantau. Tongseng ayam yang menjadi hidangan utama kali ini menambah kehangatan di malam yang cukup sejuk. Kegiatan ditutup dengan shalat Isya dan tarawih berjamaah sebelum jamaah meninggalkan lokasi. 

Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestine Development Senior Officials' Meeting (CEAPAD SOM)

Wakil Menteri Luar Negeri, A.M. Fachir membuka secara resmi Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestine Development Senior Officials' Meeting (CEAPAD SOM) di Hotel Borobudur, Jakarta (31/8).

CEAPAD merupakan forum kerja sama regional yang sejalan dengan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina dalam memperoleh kemerdekaan dan membangun kemandirian. Wamenlu Fachir mengajak negara-negara CEAPAD untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan dan program peningkatan kapasitas yang lebih konkret, dapat dilaksanakan, dan memiliki dampak nyata bagi masyarakat Palestina.

Delegasi peserta CEAPAD SOM menyuarakan kecaman terhadap penggunaan kekerasan yang terjadi di Palestina beberapa pekan terakhir. Ketua Delegasi RI, Dirjen Informasi dan Diplomasi Publik, Kemlu RI, Cecep Herawan, menegaskan bahwa kondisi yang kondusif diperlukan untuk keberlangsungan upaya pembangunan di Palestina.

Cecep Herawan menjelaskan, pertemuan ini mengidentifikasi dan mengevaluasi program bantuan pembangunan yang telah diberikan oleh negara-negara peserta CEAPAD kepada Palestina sejak Pertemuan Tingkat Menteri CEAPAD Kedua di Jakarta tahun 2014.

CEAPAD SOM dihadiri oleh pejabat-pejabat senior dari sembilan negara yaitu Brunei Darussalam, Indonesia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Palestina, Singapura, Thailand, dan Vietnam serta dua organisasi internasional yaitu United Nations’ Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East (UNRWA) dan Islamic Development Bank (IDB). Hasil CEAPAD SOM ini akan dibahas lebih lanjut dalam Pertemuan Tingkat Menteri CEAPAD Ketiga yang direncanakanakan diselenggarakan di Bangkok, Thailand pada bulan Juni 2018.

Read 913 times