Monday, 02 August 2021 00:00

Mengurai Ketimpangan Menuju Herd Immunity

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pemerintah Indonesia memacu program vaksinasi untuk mengendalikan pandemi  Covid-19 dan menekan tingkat keparahan akibat Covid-19. Tetapi, pemerataan program vaksinasi di sejumlah daerah di Indonesia menghadapi masalah. Padahal vaksinasi adalah salah satu kunci penting dalam penanganan pandemi Covid-19. Berdasarkan pengalaman di sejumlah negara, semakin tinggi rasio penduduk yang divaksinasi, maka tingkat fatalitas dapat dikurangi.

Pemerintah pun menggencarkan program vaksinasi untuk mencapai target minimal 70% dari total populasi guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yang dirilis dalam laman Kemenkes.go.id Kamis (29/7), baru 44,6 juta penduduk yang telah divaksinasi. Jumlah itu setara dengan 16,5% dari total penduduk Indonesia yang sebanyak 270,2 juta jiwa pada 2020. Sementara yang sudah mendapatkan vaksinasi kedua sebanyak 17,9 juta penduduk atau 6,6% dari populasi.

Masalah Logistik  juga menjadi faktor lain ketidakmerataan, karena belum semua Puskesmas di seluruh Indonesia memiliki logistik yang mendukung program vaksinasi. Keterbatasan jumlah tenaga vaksinator,juga juga menjadi alasan  belum meratanya cakupan vaksinasi di Indonesia. Hingga saat ini, Kemenkes memang belum merilis secara khusus  data jumlah vaksinator corona yang berada di seluruh provinsi. Namun, sebaran jumlah vaksinator itu dapat diperkirakan dari data tenaga kesehatan yang ada saat ini, mengingat tenaga kesehatan merupakan profesi utama yang direkrut untuk melakukan vaksinasi.

Berdasarkan rilis Kemenkes, Juru Bicara untuk Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengakui pasokan vaksin memang terbatas, baru berjumlah 30 persen atau 151,9 juta dari total kebutuhan sekitar 462 juta dosis serta masih adanya berbagai kendala, khususnya terkait distribusi vaksin. Dengan demikian, seluruh stakeholders perlu bergandengan tangan dan bekerja keras untuk dapat mengatasinya.

Kita Berharap berbagai permasalahan tersebut, mulai dari distribusi vaksin dan kesiapan logistik, khususnya keterbatasan jumlah vaksinator harus segera  diatasi dan diminimalisir untuk memastikan vaksinasi corona merata di seluruh Indonesia. Selain itu, penetapan  skala prioritas daerah yang menerima vaksin yaitu di daerah dengan jumlah kasus penularan tinggi dapat terselesaikan. Dengan demikian, target herd immunity yang ditetapkan oleh pemerintah dapat dicapai dengan segera.

  

Read 502 times Last modified on Wednesday, 11 August 2021 21:19