Friday, 08 June 2018 00:00

Hari Laut Sedunia: Kenali 5 Taman Nasional Laut Terindah di Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)



Hari Laut Sedunia telah diperingati setiap tanggal 8 Juni sejak pengajuan pertama pada tahun 1992 oleh Kanada di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brasil. Hari peringatan ini lalu disahkan oleh PBB pada akhir tahun 2008.  
Hari Laut Sedunia merupakan hari peringatan untuk menghargai laut-laut di dunia dengan merayakan hasil-hasil yang disediakan oleh samudra, seperti makanan laut dan kehidupan laut untuk akuarium, hewan peliharaan dan waktu untuk menghargai nilai intrinsik itu sendiri. Laut itu juga menyediakan jalur pelayaran untuk perdagangan internasional. 
Selain untuk menghargai laut-laut di dunia, Hari Laut Sedunia juga diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat menjaga kelestarian laut. Bagi Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki zona laut luas serta kaya akan keanekaragaman hayati laut, Hari Laut Sedunia menjadi momen penting bagi bangsa Indonesia. Pemerintah Indonesia sudah berupaya menjaga kelestarian lingkungan Indonesia dengan menjadikan berbagai tempat konservasi sebagai taman nasional. Indonesia memiliki banyak taman nasional dan beberapa di antaranya meliputi wilayah perairan laut. Mari kenali taman nasional laut di Indonesia. 
sebelum turut berkontribusi aktif dalam upaya pelestarian laut, terlebih dulu kenali 5 Taman Nasional Laut Indonesia di berbagai daerah di Indonesia. Pertama, Taman Nasional Bunaken. Taman Nasional ini terletak di Sulawesi Utara, sebelah utara kota Manado. Keindahan laut Taman Nasional Bunaken sudah tidak terbantahkan lagi, mengingat ia menjadi rumah dari lebih dari 300 spesies terumbu karang dan berbagai macam biota laut. Hal ini dikarenakan Taman Nasional Bunaken terletak dekat dengan pusat Coral Triangle, segitiga terumbu karang yang menjadi pusat keanekaragaman hayati laut di dunia serta prioritas utama konservasi laut global.
Kedua, Taman Nasional Wakatobi. Taman nasional yang terletak di Sulawesi Tenggara ini menjadi bagian konservasi terumbu karang serta biota laut seperti ikan pari serta paus. Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari nama empat pulau utama di daerah tersebut yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.  
Ketiga, masih di Pulau Sulawesi, Taman Nasional Kepulauan Togean berlokasi di Sulawesi Tengah. Kepulauan dan daerah perairan Togean dilindungi karena memiliki kekayaan terumbu karang serta satwa laut yang menakjubkan. Selain itu, Kepulauan Togean menjadi rumah bagi Suku Bajo, salah satu suku di Indonesia yang hidupnya sangat dekat dengan laut. Oleh sebab itu, taman nasional ini tidak hanya menawarkan pengalaman menikmati keindahan alam tetapi juga mempelajari kekayaan budaya Indonesia.
Selain di pulau Sulawesi, Pulau Jawa ternyata juga memiliki taman nasional laut. Letaknya tidak jauh dari ibukota Jakarta yakni di Ujung Kulon, Banten. Selain meliputi pulau-pulau serta daerah perairan dengan kekayaan hayati yang beraneka ragam, Ujung Kulon juga menjadi rumah bagi satwa langka yakni badak Jawa. Gunung api Krakatau yang terkenal karena letusan dahsyatnya di masa lampau pun termasuk ke dalam bagian Taman Nasional Ujung Kulon. 
Dan, yang terakhir, Taman Nasional Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur. Area ini mendapatkan titel taman nasional karena memiliki keindahan laut yang menakjubkan. Taman nasional ini telah menjadi destinasi wisata favorit baik bagi turis domestik maupun mancanegara. Salah satu daya tarik Taman Nasional Komodo ada keberadaan satwa langka endemik Indonesia yakni komodo.
Saudara, demikian Warna Warni kali ini dengan topik “Hari Laut Sedunia: Kenali 5 Taman Nasional Laut Terindah di Indonesia”.

Read 804 times