Tuesday, 12 June 2018 00:00

Pantai Pondok Kerakat

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Selain Bali, Lombok merupakan salah satu destinasi wisata populer di Indonesia. Keindahan pantai-pantainya menarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata ke Lombok. Selain Pantai Kute, Tanjung An, Lofster Buy, Pantai Ampenan, Pantai Senggigi, dan Malimbo, yang sudah populer, sebenarnya masih banyak pantai-pantai lainnya yang juga tidak kalah menarik dan indah. Salah satunya pantai Tanjung Kerakat. Lokasinya di Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Pantai ini sangat luas dengan hamparan pasir hitam yang separuh wilayahnya dipenuhi oleh rumput Jerangjang dan Pohon Rembiga.

Pantai Pondok Kerakat dikenal juga dengan sebutan Pantai Tanjung Gali. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pondok Kerakat, karena banyaknya pondok kerakat yang berjejer di sekitar pantai. Di pondok kerakat inilah para nelayan yang berasal dari Desa Pohgading Timur dan sekitarnya berkumpul sebelum mulai ngerakat (menangkap ikan dengan jaring yang cukup besar) dan di pondok inilah mereka beristirahat dan membagi hasil tangkapan ikan. Daya tarik pantai ini terletak pada ombaknya yang lumayan besar. Banyak wisatawan yang berwisata ke pantai ini menghabiskan waktu mereka untuk berselancar. Selain berselancar, aktivitas wisata berenang juga menjadi kegiatan favorit di pantai ini. Selain itu, wisatawan juga bisa berkemah atau bermain bola di hamparan pasir hitamnya.

Pantai Pondok Kerakat juga dilengkapi dengan berbagai spot poto menarik.Satu spot poto andalan adalah Spot poto Pra Weeding. Spot poto ini dibuat dari bahan kayu dan back ground-nya dibuat dari rangkaian kain sehingga spot poto ini benar-benar menyerupai pelaminan. Spot poto inilah yang paling banyak dikunjungi. Selain Spot Poto Pre Wedding, di Pondok Kerakat juga ada Spot Poto Pengintaian Ikan. Spot poto ini berupa sebuah lelanjon (Menara Pendek) yang dari atasnya para pengunjung dapat melihat hamparan pantai lebih luas dan jauh. Satu lagi spot poto yang menjadi destinasi di Pondok Kerakat, yaitu spot poto Meja Jamur. Spot ini dibuat dari bahan pangkal kayu kelapa dan terdiri dari sebuah meja dengan 4 lempengan pangkal kelapa yang disangga oleh sebuah tiang dari dahan kayu jati. Meja tersebut dikelilingi 4 kursi yang juga dibuat dari lempengan papan pangkal kelapa. Di Meja Jamur ini, anda dapat duduk santai sambil menikmati indahnya suasana pantai.

Kegiatan menarik lainnya yang dilakukan di Pantai ini adalah Betalet. Betalet merupakan kegiatan spa alami, dimana para wisatawan bisa mengubur setengah badannya atau bagian kaki hingga pinggang di dalam pasir. Terapi dengan cara betalet ini diakui dapat menyembuhkan penyakit rematik dan asam urat, karena selama badan dibenamkan di dalam pasir, otot-otot bagian kaki dan pinggang mendapatkan refleksi sehingga peredaran darah menjadi lancar. Umumnya orang yang melakukan trapi dengan teknik ini hanya tahan membenamkan badannya di dalam pasir dalam jangka waktu 10 hingga 30 menit, karena semakin lama badan di benamkan maka pijitannya terasa semakin kuat. Natural Spa (Betalet) paling asyik dilakukan pada malam hari.

Read 12 times Last modified on Wednesday, 13 June 2018 20:57