Tuesday, 02 November 2021 00:00

Komitmen Indonesia dalam Penanganan Perubahan Iklim di COP26

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa dengan potensi alam yang begitu besar, Indonesia terus berkontribusi dalam penanganan perubahan iklim. Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo saat berbicara pada Konferensi Tingkat Tinggi Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim atau COP26, di Scottish Event Campus, Glasgow, Skotlandia, Senin, (1/11). Dia menambahkan, laju deforestasi turun signifikan, terendah dalam 20 tahun terakhir. Kebakaran hutan turun 82 persen pada 2020.

Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga menyampaikan tindakan nyata yang sudah dilakukan, mulai dari rehabilitasi hutan mangrove dengan target 600 ribu hektar sampai tahun 2024 hingga rehabilitasi 3 juta hutan kritis sejak 2010 – 2019. Tindakan lain yang sudah dilakukan Indonesia adalah  pengembangan ekosistem mobil listrik dan pembangunan pembangkit tenaga surya terbesar di Asia Tenggara, memanfaatkan energi baru terbarukan, termasuk biofuel, dan pengembangan industri berbasis energi bersih, serta pembangunan kawasan industri hijau terbesar di dunia di Kalimantan Utara.

Ada yang menarik dari apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo dalam KTT yang dihadiri hampir 200 negara itu adalah bahwa Presiden Joko Widodo dengan lantang mempertanyakan seberapa besar kontribusi negara maju dan  transfer teknologi yang bisa diberikan untuk Indonesia. Dia juga menegaskan butuh aksi dan implementasi secepatnya.

Tindakan nyata memang harus segera ditunjukkan oleh semua pihak. Dalam berbagai kesempatan, hal itu juga disampaikan Indonesia kepada pemimpin negara-negara maju, seperti dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di sela-sela KTT COP 26.  Seperti dilaporkan VOA, Presiden Joe Biden mendukung proposal Indonesia mendesak negara-negara kaya lebih banyak membantu negara miskin dalam mitigasi perubahan iklim untuk rencana aksi iklim mereka.  

Pernyataan dan pertanyaan yang disampaikan oleh Presiden  Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi Pemimpin Dunia tentang Perubahan Iklim kali ini  merupakan konsistensi dari komitmen. Indonesia bekerja keras untuk memenuhi komitmen itu guna mencapai target nol emisi pada 2060, bukan hanya sekedar retorika. Hal itu tentunya tidak bisa berjalan sendiri.  

Read 463 times Last modified on Wednesday, 03 November 2021 13:25