Tuesday, 26 June 2018 09:11

Pertemuan The 6th Strategic Dialogue Antara Indonesia Dan Jepang.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono melaksanakan pertemuan The 6th Strategic Dialogue Indonesia-Jepang di Jakarta, Senin (25/06/2018).Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama Menteri Luar Negeri Taro Kono ke Indonesia. Selain unsur Kementerian Luar Negeri, wakil Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Kemenko Bidang Maritim dan Kementerian Kelautan dan Perikanan turut berpartisipasi sebagai delegasi RI.Pertemuan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang. Pertemuan ini bertujuan untuk tingkatkan kerja sama bilateral antara lain di bidang politik dan keamanan, ekonomi, perdagangan dan investasi, people to people contact, serta penjajakan peluang kerja sama strategis kedua negara.Selain isu bilateral, kedua Menteri Luar Negeri (Menlu) juga membahas isu-isu regional dan global yang menjadi perhatian kedua negara.Kedua Menlu telah mengidentifikasi kerja sama strategis yang diwujudkan melalui pengembangan kerja sama bilateral.Jepang merupakan mitra kerja sama strategis bagi Indonesia dan kedua Menlu sepakat akan pentingnya peningkatan kerja sama di bidang investasi, khususnya di bidang infrastruktur.

Terkait kerja sama perubahan iklim, kedua Menlu menyambut kerja sama Joint Crediting Mechanism (JCM) yang telah terjalin selama ini, dan sepakat bahwa implementasi kerja sama tersebut harus dapat memberikan nilai tambah dan meningkatkan kapasitas Indonesia dalam penanganan dampak perubahan iklim. Dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu menyambut baik perkembangan positif di Semenanjung Korea, yang diharapkan mampu membawa perdamaian dan stabilitas kawasan.

Turis Polandia Semakin Ramaikan Pasar Wisatawan Indonesia.

Wakil Menteri Luar Negeri RI, A. M. Fachir, turut menyambut kedatangan 252 penumpang pesawat LOT Polish Airlines di Denpasar, Bali (25/6/2018).M. Fachir mengapresiasi adanya keberlanjutan penerbangan charter dari Polandia ke Indonesia sebagai bentuk dari peningkatan kerjasama people-to-people contacts, khususnya di bidang pariwisata.Wamenlu RI meyakini para turis Polandia akan menikmati berbagai atraksi pariwisata yang dimiliki Indonesia, terutama wisata kepulauan/maritim dan keragaman budaya.Secara khusus, Wamenlu menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Panorama Tour dan Rainbow Tour yang telah banyak berperan dalam merealisasikan kerja sama kunjungan wisatawan dengan memanfaatkan pesawat charter LOT Polish Airlines.Wamenlu menambahkan kerja sama kunjungan wisatawan Polandia dengan pesawat charter bisa menjadi model rujukan untuk mengembangkan kerja sama serupa dengan negara lain.

KBRI Kairo Terus Pantau Situasi di Mesir, dan Keadaan Darurat Diperpanjang.

Pemerintah Mesir secara resmi memperpanjang keadaan darurat setelah Parlemen  menyetujui keputusan Presiden Abdel Fattah el Sisi untuk memberlakukan keadaan darurat selama tiga bulan kedepan. Perpanjangan kondisi darurat pertama kali diberlakukan pada bulan Oktober tahun 2017 dan terus dipepanjang pada bulan Januari dan April lalu.Penambahan masa keadaan darurat di Mesir kedepan akan dimulai pada tanggal 14 Juli 2018. Pernyataan resmi Pemerintah Mesir menyebutkan, Angkatan bersenjata dan polisi harus menjaga keamanan diseluruh negeri, untuk melindungi properti publik dan swasta dan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna memerangi terorisme.

Pemerintah Indonesia melalui KBRI Kairo mengaku terus memantau kondisi dan situasi di Mesir.Atase Pertahanan KBRI Kairo, Kolonel Laut Kemas Muhammad Ikhwan Madani, menjelaskan,  penambahan masa darurat merupakan kebijakan Pemerintah setempat yang dilakukan berdasarkan assessment  terhadap kondisi aktual untuk menjaga stabilitas keamanan dalam negeri.Kemas Muhammad Ikhwan di Kairo, Senin (25/6/2018) mengatakan, pihaknya terus memonitor situasi di Mesir.Dengan perpanjangan masa darurat ini, salah satu dampaknya untuk Indonesia  mungkin lebih ke sikap represif aparat serta lebih ketatnya sistem pengamanan terutama di beberapa wilayah kritis termasuk akses ke Jalur Gaza.

Read 928 times Last modified on Tuesday, 26 June 2018 10:09