Wednesday, 27 June 2018 00:00

O'Sheak : Minuman Dari Oncom

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Oncom merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Oncom sendiri merupakan produk yang memanfaatkan bahan limbah, seperti bungkil kacang tanah, ampas tahu, ampas singkong, dan ampas kelapa, melalui proses fermentasi yang dilakukan oleh beberapa jenis kapang.Sedangkan Kapang (mikroorganisme) dapat dianggap sebagai pabrik penghasil zat-zat gizi, sebab proses fermentasi oleh kapang dapat meningkatkan nilai dan mutu gizi produk akhir menjadi beberapa kali lipat lebih banyak dibandingkan bahan asalnya.Sehubungan dengan hal tersebut, lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membuat inovasi minuman dari oncom yang dikolaborasikan dengan buah tropis yakni nanas sebagai minuman anti penuaan (anti-aging) yang menyegarkan, dinamakan "O'Sheak".

Kelima mahasiswa tersebut adalah Husnul Rais, Alfurqan Nur Aziz, Apip Nurdin, Muhammad Samsul Arifin, dan Fahri Sinulingga. Para mahasiswa IPB ini tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) di bawah bimbingan Sutrisno Koswara.Menurut Husnul Rais, mahasiswa Departemen Ilmu Pangan dan Teknologi IPB, O’Sheak mengandung Bifidobacteria yang diperoleh dari oncom. Bifidobacteria bermanfaat bagi tubuh terutama bagian pencernaan.Sedangkan kandungan gizi dari nanas menambah kandungan gizi dalam minuman ini. Pemilihan buah nanas sebagai kombinasi ekstrak oncom disebabkan produksi nanas di Indonesia yang cukup besar, harga terjangkau, pengolahannya mudah dan bisa dikombinasikan dengan oncom itu sendiri.

Pemasaran minuman ini cukup unik. Para mahasiswa ini menerapkan konsep ‘Minum dulu baru bayar’. Strategi ini diaplikasikan untuk menghadapi konsumen yang memang dari awal tidak menyukai oncom.

Tantangan yang dihadapi O'Sheak selain banyak konsumen tidak menyukai oncom, yakni anggapan beberapa konsumen O‘Sheak adalah produk jelek karena sifatnya mengendap. Husnul menjelaskan bahwa produk yang baik jika terbuat dari bahan organik adalah yang mengendap dan tidak tahan lama. Begitu pun dengan O'Sheak, produk sekali habis.

Ke depannya, Husnul dan rekan-rekannya berharap, masyarakat dapat mengenal O’Sheak dan menyukainya serta mengubah pandangan bahwa oncom itu bisa dibuat apa saja asalkan kita kreatif. Selain itu, O'Sheak dapat tembus dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018.

Read 1363 times Last modified on Thursday, 28 June 2018 08:56