Saturday, 20 January 2018 13:54

Beranda Diplomasi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Informasi pertama datang dari Guangzhou Pemerintah Indonesia terus melakukan berbagai kegiatan promosi di luar negeri, termasuk di Guangzhou, Tiongkok, untuk memperkenalkan 10 destinasi wisata Indonesia “beyond Bali.” Tidak hanya pemerintah, seluruh lapisan masyarakat juga turut serta dalam upaya promosi ini, termasuk maskapai penerbangan Lion Air Lion Air sejak tahun 2016 memiliki beberapa rute penerbangan langsung dari berbagai kota di Tiongkok ke Jakarta, Bali, dan Manado di Sulawesi Utara. Untuk terus meningkatkan promosi wisata Indonesia, di awal tahun 2018 Lion Air menyelenggarakan kegiatan Promosi Wisata Manado dan Kontes Fotografi Manado. Kegiatan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Konsulat Jenderal RI Guangzhou itu secara resmi diluncurkan di Guangzhou, pada 17 Januari 2018. Manado Photography Contest akan berlangsung sepanjang tahun 2018 dan terbuka untuk semua kalangan, serta menyediakan hadiah yang mencapai  sekitar 300 ribu dolar Amerika.

 

Informasi  selanjutnya datang dari Inggris  Komposer, pembuat alat musik, dan pakar gamelan dari Indonesia, Aloysius Suwardi, bersama tim menampilkan paduan musik gamelan yang lain dari biasanya di Milton Court, London, Kamis (18/1) malam. Seperti dilaporkan Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Jumat (19/1), Konser musik Planet Harmonik diawali dengan pengenalan dan penjelasan oleh Aloysius Suwardi tentang alat musik yang disertai dengan bunyi alat musik ciptaan Aloysius Suwardi. Yang menarik, ia memberikan nama alat musik yang merupakan modifikasi dari alat-alat musik tradisional gamelan, sesuai dengan bunyi yang dihasilkannya, seperti glendang, tring, dan klentung Aloysius Suwardi tidak hanya dikenal sebagai komponis dan pengrawit untuk alat musik gender, gambang, rebab, dan suling, tetapi juga dikenal sebagai penata gamelan piawai. Konser Planet Harmonik di London merupakan rangkaian terakhir dari 4 pertunjukan musik di Inggris, juga merupakan bagian dari Festival Seni Europalia yang diselenggarakan di 7 negara mulai dari Oktober 2017 sampai dengan Januari 2018. Ketujuh Negara tersebut adalah Belgia, Inggris, Austria, Perancis, Jerman, Polandia, dan Belanda Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris merangkap Irlandia dan International Maritime Organization yang berkedudukan di London, Rizal Sukma, menyatakan rasa bangga atas penampilan Aloysius Suwardi dan timnya. Duta besar Rizal Sukma menjelaskan, konser musik seperti ini memberikan citra yang sangat baik dalam upaya mempromosikan kekayaan dan keindahan seni dan budaya Indonesia. Kedutaan Besar RI London sangat mengapresiasi inisiatif Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Festival Europalia di Inggris.

 

Beranda Diplomasi diakhiri  dengan kabar dari Jakarta Kementerian Luar Negeri RI mengatakan, sudah lebih dari 120 negara menyatakan dukungan bagi pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa periode 2019-2020. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, di Jakarta, Jumat (19/1) mengatakan, Indonesia bersaing dengan Maladewa untuk memperebutkan kursi perwakilan di Dewan Keamanan PBB dari kawasan Asia Pasifik. Indonesia harus mendapatkan dukungan 129 negara sebagai ambang batas terpilih. Seperti ditulis Antara, Dewan Keamanan  PBB beranggotakan 15 negara. Lima di antaranya adalah anggota tetap, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Tiongkok, dan Perancis Sementara 10 anggota tidak tetap dipilih untuk setiap periode dua tahun. Pemilihan anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB akan berlangsung pada Juni 2018. Indonesia sudah pernah tiga kali menjadi anggota tidak tetap, yaitu periode 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008. Indonesia telah meluncurkan kampanye pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2019-2020 dalam Sidang Majelis Umum PBB 2016. 

Read 1106 times Last modified on Sunday, 21 January 2018 07:38