Monday, 02 July 2018 11:37

Indonesia – Malaysia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama di Berbagai Bidang.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dan Ibu Negara Siti Hasmah di Istana Bogor, Jawa Barat Jumat 29 Juni 2018. Indonesia dan Malaysia sepakat meningkatkan kerjasama, salah satunya dalam hal perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia dan pembangunan sekolah untuk anak-anak WNI yang berada di Malaysia. Baik Presiden Joko Widodo, maupun Perdana Menteri Mahathir Mohammad,  sama-sama setuju, kerjasama ini ditindak lanjuti dalam forum tingkat Menteri. Presiden Joko Widodo  dalam pernyataan pers bersama Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6) mengatakan, Indonesia dan Malaysia memiliki komitmen yang sama untuk meningkatkan kerjasama, salah satunya dalam hal perlindungan terhadap Tenaga Kerja Indonesia di Malaysia dan pembangunan sekolah untuk anak-anak Warga Negara Indonesia yang berada di Malaysia.

“Kami juga menitipkan masalah perlindungan bagi tenaga kerja Indonesia yang berada di Malaysia, dan juga pembangunan sekolah-sekolah bagi anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia. Yang berkaitan dengan Internasional, kami juga berbicara mengenai Laut China Selatan dan kita memiliki komitmen yang sama bahwa penyelesaian lewat dialog yang berbasis kepada hukum-hukum Internasional akan kita kedepankan”.

Kedua kepala pemerintahan juga membahas masalah pemberantasan korupsi, konektivitas dan penyelesaian masalah perbatasan. Presiden Joko Widodo juga mengatakan, merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan Perdana Menteri Malaysia Dr. Mahathir Mohamad. Menurut Presiden, Indonesia merupakan negara pertama di ASEAN yang dikunjungi oleh Mahatir Mohamad setelah resmi menjabat sebagai perdana menteri.

Sementara itu Perdana Menteri Mahathir Mohamad menyebutkan,  kedua negara memiliki permasalahan yang sama, khususnya ancaman ekspor kelapa sawit bagi kedua negara oleh Eropa. Menurut Mahathir kedua negara harus satu suara melawan kampanye hitam yang dilakukan Eropa terhadap Indonesia dan Malaysia.

Nilai perdagangan Indonesia dan Malaysia pada tahun lalu meningkat 22 persen dari 2016 menjadi 16,89 miliar dolar Amerika Serikat. Nilai ini menjadikan Malaysia sebagai mitra dagang Indonesia terbesar ketujuh secara global dan mitra dagang terbesar ketiga di ASEAN setelah Singapura dan Thailand.

Read 803 times Last modified on Monday, 02 July 2018 11:41