Tuesday, 03 July 2018 06:20

Di PBB, Indonesia Pimpin Komite Evaluasi Badan Pendanaan Pembangunan Pertanian

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Pada Sesi ke-101 Komite Evaluasi Badan Pendanaan Pembangunan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa atau International Fund for Agricultural Development of the United Nations -IFAD di Roma, Italia, Rabu (27/6), Wakil Kepala Perwakilan Kedutaan Besar RI Roma, J.S. George Lantu, secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Komite periode 2018-2021. Komite Evaluasi merupakan badan subsider IFAD yang memiliki peran penting mendukung fungsi pengawasan Dewan Eksekutif IFAD sebagai badan pengambilan keputusan bagi proyek pembangunan pertanian dan pemajuan pedesaan tertinggal di 176 negara anggota IFAD. Hasil pembahasan dan rekomendasi Komite Evaluasi terhadap implementasi berbagai proyek pendanaan pertanian, strategi kebijakan, dan struktur keuangan IFAD menjadi referensi utama bagi upaya penyempurnaan hasil dan kinerja IFAD. Terpilihnya Indonesia sebagai Ketua Komite Evaluasi IFAD menunjukkan dukungan negara-negara anggota IFAD terhadap peran dan komitmen kuat Indonesia dalam mendukung pembangunan pedesaan, khususnya terkait pengentasan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan. Pada Sesi itu juga, Komite Evaluasi IFAD telah mengevaluasi dampak positif dan tantangan pada proyek pendanaan pertanian di Kamerun dan Peru, dan pengembangan arsitektur keuangan IFAD.

SMP Labschool Harumkan Nama RI

Siswa Sekolah Menengah Pertama – SMP Labschool asal Indonesia meraih kemenangan dalam kompetisi tari tradisional di Polandia. Demikian informasi yang disampaikan dalam keterangan pers Kedutaan Besar RI Warsawa yang diterima di Jakarta, Minggu (1/7), seperti dilaporkan Antara. Sebanyak 28 orang siswa SMP Labschool Kebayoran, Jakarta berhasil memenangkan Grand Prix pada International Folklore Festival yang diselenggarakan di Gorzow Wielkopolski, Polandia pada 23 sampai 30 Juni lalu. Pada kompetisi tarian tradisional itu, tim SMP Labschool Kebayoran menampilkan pertunjukan Tari Saman yang berasal dari Aceh. Kekompakan dan kedinamisan tarian yang ditampilkan berhasil memukau publik Polandia. Tim SMP Labschool Kebayoran ini merupakan para siswa siswi kelas 9 yang baru saja menyelesaikan ujian kenaikan kelas. Kompetisi internasional tari tradisional itu diikuti oleh 10 negara, yaitu Indonesia, Bulgaria, Republik Ceko, Kazakhstan, Kolombia, Latvia, Malaysia, Polandia, Romania, dan Ukraina.

Indonesia-Thailand Bahas Kerja Sama Ekonomi di JCM ke-9

Pemerintah Indonesia akan melakukan joint commission meeting dengan Thailand di Yogyakarta pada 5 dan 6 Juli mendatang. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, dalam press briefing di Kementerian Luar Negeri RI di Jakarta, Kamis (28/6) menyebutkan, beberapa isu yang akan dibahas antara lain, kerja sama ekonomi mencakup perdagangan, pariwisata, dan investasi serta kerja sama keamanan dan politik. Sejauh ini, nilai perdagangan kedua negara pada 2017 mencapai 15,74 miliar dolar Amerika dan investasi mencapai 220 juta dolar Amerika. Beberapa ekspor utama Indonesia ke Thailand antara lain, bijih besi, batubara, produk kimia, suku cadang kendaraan, dan produk makanan laut. Sementara impor utama adalah otomotif, karena Thailand merupakan basis beberapa produsen Jepang untuk pasar ASEAN.

Read 954 times