Wednesday, 04 July 2018 08:07

Indonesia Desak Dewan HAM Untuk Segera Selidiki Pelanggaran HAM Israel di Palestina.

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Indonesia mendesak Dewan HAM PBB untuk segera menyelidiki pelanggaran HAM Israel di wilayah pendudukan Palestina melalui percepatan penunjukkan anggota Komisi Penyelidikan (Commission of Inquiry). Hal ini disampaikan Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Dubes Hasan Kleib, pada Sidang Dewan HAM di Jenewa, tanggal 2 Juli 2018. Sebagaimana dipahami, Sesi Khusus Dewan HAM tanggal 18 Mei 2018 lalu telah menyepakati pembentukan Komisi Penyelidikan untuk menginvestigasi pelanggaran HAM khususnya terkait penggunaan kekerasan bersenjata oleh otoritas Israel atas protes damai warga Palestina yang dimulai tanggal 30 Maret 2018. Aksi kekerasan Israel tersebut telah mengakibatkan tewasnya 132 warga Palestina dan melukai lebih dari 3.000 korban warga Palestina. Hingga saat ini, Dewan HAM belum selesai membentuk Komisi dimaksud. Duta Besar  Kleib menyampaikan keprihatinan serius Indonesia terhadap pelanggaran HAM Israel yang terus berlanjut terhadap rakyat Palestina, termasuk penggunaan kekuatan yang berlebihan atas protes damai warga Palestina. Ditekankan pula oleh Dubes Kleib bahwa kebijakan dan aksi ilegal yang dilakukan Israel secara terang-terangan telah melanggar hukum Internasional, hukum HAM Internasional, serta resolusi PBB, termasuk Resolusi DK PBB.

Gamelan dan Tari Indonesia Tampil di Carnaval Tropical de Paris 2018.

Lebih dari 70 ribu orang memadati sepanjang jalan Champs-Élysées di jantung kota Paris untuk melihat Carnaval Tropical de Paris pada hari minggu 1 Juli 2018. Ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan Walikota Paris, Federation du Carnaval Tropical de Paris, dan Pemerintah Daerah Ile-de-France setiap memasuki musim panas. Tahun ini, kembali hadir tim Indonesia yang terdiri atas kumpulan asosiasi Indonesia di Prancis dalam binaan KBRI Paris, yaitu ikatan diaspora Indonesia-Prancis IDNF, Sekar Jagat, IKFI, Pasar Malam, Joged Nusantara, Pencak Silat KBRI Paris, Bonapasogit, serta PPI Paris. Menambah kemeriahan penampilan seni Indonesia adalah kehadiran tim gamelan dan tari dari Universitas Dian Nuswantoro Semarang.​

Tim Indonesia mengangkat tema “Batik", dengan tetap mengedepankan keragaman budaya Nusantara. Tim Indonesia yang berjumlah 100 orang adalah satu-satunya peserta Asia. Masyarakat Prancis dan turis yang menyaksikan karnaval ini memberikan sambutan meriah kepada barisan Indonesia yang tampil. Sebelumnya pada tahun 2017, tim karnaval “Indonesia" mengusung tema “Pencak Silat".

Indonesia Siapkan Digital Campaign dan Roadshow Intensif di Jerman.

Indonesia mendapatkan dukungan kuat dari KADIN Jerman (Deutscher Industrie- und Handelskammertag / DIHK www.dihk.de) untuk melakukan kampanye tentang ekonomi Indonesia dan kesempatan perdagangan serta investasi kepada jutaan anggota DIHK di seluruh Jerman. DIHK memiliki 79 kantor dagang di 16 negara bagian yang menaungi lebih dari 3,5 juta perusahaan Jerman, yang sebagian besar adalah UKM. Pengertian UKM di Jerman adalah perusahaan dengan pendapatan tahunan 50 juta Euro atau 800an milyar rupiah dengan pegawai di bawah 500 orang. 

Kampanye ini dilakukan melalui dua mekanisme yaitu Digital Campaign dan Roadshow dengan dukungan DIHK. Digital Campaign akan dilakukan secara elektronik melalui jejaring DIHK secara regular sehingga peluang ekonomi dan investasi dengan Indonesia akan muncul dalam peta pemikiran pengusaha Jerman. Kampanye roadshow akan dilakukan akhir tahun ini setelah penyelenggaraan konferensi industri dan pengusaha Jerman di Jakarta pada November 2018 pada Asia-Pacific Conference 2018 (www.apk2018.com). Konferensi ini telah diketahui industrialis dan pengusaha Jerman dan rencananya sekitar 1000 kalangan bisnis Jerman akan hadir di Jakarta. Indonesia harus mampu memanfaatkan pertemuan ini secara maksimal guna meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia-Jerman.

Read 1015 times