Friday, 13 July 2018 00:00

Gerakan 1000 Tumbler Dukung Jogja Bebas Sampah Palastik

Written by 
Rate this item
(0 votes)




Warna-Warni. sebagai salah satu tujuan wisata teramai sepanjang tahun, Jogja memberikan banyak pilihan wisata bagi Anda. Dari gunung hingga pantainya, selalu ada tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menambah pengalaman perjalanan Anda. Kunjungan para wisatawan ini, selain berdampak pada peningkatan pendapatan daerah juga berdampak pada menggunungnya sampah. Terutama sampah plastik. 
Guna mengurangi jumlah sampah plastik yang kian menumpuk di kota wisata ini, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta akan menyiapkan gerakan 1.000 tumbler sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup yang digelar akhir Juli 2018 mendatang di Embung Langensari, Kota Yogyakarta.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta Suyana menjelaskan, secara teori, jumlah sampah plastik yang dihasilkan Kota Yogyakarta akan terus meningkat. Sehingga, diperlukan berbagai upaya agar sampah plastik yang dihasilkan bisa diminimalisir. Salah satunya dengan gerakan dari masyarakat.
Suyana menjelaskan, rata-rata volume sampah yang dihasilkan Kota Yogyakarta dan dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir Piyungan selama Juni tercatat sebanyak 257 ton per hari, dengan 20 persen di antaranya adalah sampah plastik. Sampah plastik tersebut, banyak berasal dari botol plastik air minum kemasan. Karena sebab inilah, pihak DLH Kota Yogyakarta menggelorakan gerakan pengurangan botol plastik air minum kemasan dengan penggunaan ‘tumbler’ atau botol minum yang dibawa sendiri dari rumah dan bisa diisi ulang.
Menurut Suyana, masih banyak masyarakat yang belum memiliki kesadaran terkait dengan bahaya sampah plastik. Mereka lebih memilih membeli minuman kemasan dalam botol karena dinilai lebih praktis dibandingkan dengan  harus membawa botol minum dari rumah.
Selain mengurangi konsumsi air minum kemasan botol, DLH juga melakukan pembersihan tiga sungai besar, yaitu Code, Gajahwong, dan Winongo, dari sampah plastik yang ditangani petugas ulu-ulu sungai. Petugas ulu-ulu sungai adalah para petugas yang memiliki komitmen untuk menjaga kebersihan sungai. Para petugas ini tidak hanya mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah ke sungai, tetapi juga membersihkan sungai.

Read 979 times