Wednesday, 08 August 2018 00:00

Asean Care Free Day

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Warna Warni kali ini informasi mengenai ASEAN CAR FREE DAY. Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN), meluncurkan The regional wide ASEAN CAR FREE DAY (CFD), atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor Asean, yaitu Program pembatasan kendaraan bermotor di beberapa jalan tertentu di kota-kota besar ASEAN.Peluncuran ASEAN CAR FREE DAY dilakukan di ibukota negara Indonesia, Jakarta, dimana kantor sekretariat ASEAN berada, pada Minggu pagi tanggal 5 Agustus 2018. Dua negara anggota ASEAN lainnya yaitu Brunei Darussalam dan Malaysia, juga ikut bergabung dalam kegiatan yang sama, yang dilakukan secara serentak di negara masing-masing.

pada peluncuran ASEAN CAR FREE DAY di kantor Kementerian Koordinator untuk Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi, memuji komitmen sektor kesehatan ASEAN dalam mempromosikan gaya hidup sehat untuk segala usia menuju Komunitas ASEAN yang sehat.

Dato Lim juga menjelaskan bahwa inisiatif ini menganjurkan promosi aktivitas fisik sebagai cara untuk memerangi ancaman yang meningkat dari penyakit tidak menular. Ia mengundang seluruh negara-negara anggota ASEAN, terutama negara-negara dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang tinggi, untuk mengikuti langkah dari beberapa negara anggota ASEAN yang sudah memulai pelaksanaan CAR FREE DAY di negara mereka.

Sekretaris Jenderal ASEAN mengharapkan, ASEAN CAR FREE DAY ini dapat menjadi solusi dari keprihatinan negara-negara di kawasan ASEAN terhadap ancaman berbagai penyakit, seperti jantung, paru-paru, kanker, dan diabetes. Dan mampu menghindarkan orang-orang muda di masyarakat berpenghasilan rendah dan menengah dari kematian dini akibat penyakit tidak menular yang menyebabkan hilangnya produktivitas dan konsekuensi sosial-ekonomi.

Selain dari alasan kesehatan dan manfaat dari aktivitas fisik dan promosi gaya hidup sehat, ASEAN Car Free Day juga diharapkan dapat mendukung pembangunan dan keterlibatan masyarakat dengan mempertimbangkan inisiatif lain yang mungkin dapat dibangun di sekitar hari bebas kendaraan bermotor.

Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock Hoi, mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan yang dipimpin oleh Menteri Dr. Nila Djuwita Farid Moeloek yang telah memimpin peluncuran ASEAN Car Free Day, untuk memenuhi komitmen para Pemimpin ASEAN untuk mempromosikan budaya gaya hidup sehat, seperti yang dianut dalam Deklarasi ASEAN tentang Budaya Pencegahan yang disahkan di Manila pada bulan November 2017.

Read 911 times Last modified on Thursday, 09 August 2018 10:51