Thursday, 13 July 2023 17:43

Indonesia Ajak APT Lebih Kuat Hadapi Tantangan Global

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: ASEAN Plus 3 (APT) telah menjadi jangkar selama 25 tahun dalam menghadapi tantangan di kawasan. Bahkan, menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, APT selalu berdiri kokoh melawan segala kemungkinan ketidakstabilan, guncangan, dan krisis.

"Hari ini, kita harus memastikan bahwa jangkar kita ini dapat menjadi lebih kuat lagi mengatasi tantangan global yang penuh dengan ketidakpastian," katanya dalam pembukaan Pertemuan Tingkat Menteri APT, di Jakarta, Kamis (13/7).

Untuk itu dirinya mendorong agar APT terus memastikan stabilitas di kawasan. Menurutnya stabilitas harus terus diupayakan dengan saling berkontribusi sebagai kekuatan positif.

"Kita harus menjunjung tinggi paradigma kolaborasi, dan kita harus mempertahankan perdamaian dan keamanan dengan menghormati hukum internasional dan mengejar semangat multilateralisme," katanya.

Selain itu, dirinya pun mengajak APT untuk mendukung cara ASEAN membangun arsitektur regional yang inklusif dan mengimplementasikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) melalui tindakan nyata.

Di sektor ketahanan, Menlu Rerno Marsudi mendorong pentingnya konsolidasi mekanisme penguatan ketahanan diantara negara-negara APT. Ia pun mendorong Inisiatif Chiang Mai (kesepakatan pertukaran mata uang multilateral) untuk bergerak cepat dan efektif dalam merespon krisis keuangan.

"Cadangan Beras Darurat APT harus ditingkatkan untuk mengatasi masa depan gangguan pasokan makanan," katanya.

Ia pun menekankan agar APT menjadi bagian tak terpisahkan untuk memastikan kawasan yang tangguh dalam menghadapi krisis yang mungkin datang dengan tiba-tiba.

Selain itu Retno Marsudi juga menggaris bawahi pentingnya aspek keberlanjutan. Menurutnya, APT harus menjadi jangkar yang kokoh untuk mendorong keberlanjutan bagi perkembangan kawasan.

"Itu sebabnya APT harus lebih inovatif dalam beradaptasi dengan perubahan iklim, mengurangi emisi, dan mempercepat transisi energi," katanya.

Terkait hal ini, dirinya pun mengusulkan agar APT dapat memulai kerja sama dalam mengembangkan eskosistem kendaraan listrik.

Read 252 times Last modified on Thursday, 13 July 2023 18:18