Friday, 14 July 2023 11:13

Presiden Joko Widodo Ajak Negara-negara untuk Menang Tanpa Ngasorake

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyampaikan komitmen Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023 untuk terus memperkuat soliditas dalam menjaga stabilitas di kawasan.

“Kami di Asean berkomitmen untuk terus memperkuat persatuan dan soliditas serta memperkokoh sentralitas ASEAN dalam menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan,” kata Presiden saat melakukan Courtesy Call di Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (AMM/PMC) ke-56, di Jakarta, Jumat (14/7).

Presiden menyebut, Indonesia dalam Presidensi G20 tahun 2022 dapat tetap bekerja dan bahkan menghasilkan hal-hal bermanfaat bagi dunia atas dukungan negara-negara sahabat, meskipun di tengah krisis dan rivalitas.

“Tahun ini Indonesia memegang keketuaan ASEAN. Ini akan kami manfaatkan untuk meningkatkan kontribusi ASEAN bagi kejayaan Indo-Pasifik dan dunia. Terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada Indonesia,” katanya.

Presiden pun menyampaikan optimisme, pertemuan AMM/PMC ke-56 dilakukan untuk mencari solusi terhadap isu-isu regional dan global, bukan sebaliknya.

“ASEAN tidak boleh menjadi ajang persaingan tidak boleh menjadi proxy negara manapun dan hukum internasional harus dihormati secara konsisten. Untuk itu kerja sama dan dukungan nyata dari para mitra dan tamu ASEAN sangat kami harapkan,” katanya.

Lebih lanjut Presiden Joko Widodo mengatakan ASEAN memiliki potensi besar untuk menjadi epicentrum of growth, baik dari segi usia produktif maupun dari kekayaan alam yang berlimpah.

“Kami negara-negara ASEAN negara yang sedang berkembang butuh pengertian butuh kearifan dan juga butuh dukungan baik dari negara-negara maju dan negara-negara sahabat untuk meninggalkan pendekatan zero-sum dan mengambil pendekatan saling menguntungkan,” katanya.

Presiden Joko Widodo pun menutup sambutannya dengan mengutip pepatah Indonesia menang tanpo ngasorake yang artinya menjadi pemenang tanpa merendahkan. Dirinya pun mengajak negara-negara untuk menjadi pemenang dalam mengatasi krisis global tanpa mengalahkan yang lain.

“Untuk itu saya mengajak kita semuanya marilah kita menjadi pemenang yang terhormat menang tanpo ngasorake,” tutupnya.

Read 213 times