Wednesday, 22 August 2018 06:39

Dampak Asian Games 2018 Terhadap Ekonomi RI

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018, telah resmi dibuka. Sebagai tuan rumah, banyak keuntungan yang akan didapat Indonesia dari ajang ini, salah satunya dari sisi ekonomi. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, mengatakan, output perekonomian DKI Jakarta saat menjelang dan pelaksanaan Asian Games bertambah sekitar 40,6 triliun rupiah. Angka ini diraih dari kegiatan konstruksi persiapan sarana dan prasarana senilai 18,5 triliun rupiah, kegiatan operasional penyelenggaraan 20,9 triliun rupiah, dan kegiatan pengunjung domestik mancanegara 1,2 triliun. rupiah 

Sedangkan untuk output perekonomian Palembang‎, Sumatra Selatan, bertambah sebesar 11,1 triliun rupiah. Ini terdiri atas kegiatan konstruksi persiapan prasarana dan sarana 9 triliun rupiah, kegiatan operasional penyelenggaraan 1,6 triliun rupiah, dan kegiatan domestik dan mancanegara sebesar 439 miliar rupiah. 

Menteri Bambang Brodjonegorobeberapa waktu lalu di Jakarta, Minggu (19/8) menyebutkan, kegiatan ini penting, karena akan muncul pentas olahraga baru dan infrastruktur baru.

Sementara itu, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri DKI Jakarta, Sarman Simanjorang, menyebutkan, sektor yang mendapat dampak positif dari Asian Games adalah transportasi, pariwisata, jasa, makanan, minuman, dan hiburan. Selain itu, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah juga mendapatkan keuntungan dari Asian Games 2018, yaitu melalui pembuatan dan penjualan pernak pernik Asian Games. 

Menurut Sarman Simanjorang, geliat ekonomi akan terus meningkat setelah Asian Games 2018 resmi dimulai pada 18 Agustus. Karena Indonesia, khususnya wilayah yang terdapat venue pertandingan Asian Games, akan terus kedatangan turis baik lokal maupun mancanegara. Menurutnya, peningkatan ekonomi dirasakan, transportasi meningkat, hunian hotel sudah penuh, merchandise Asian Games laris terjual. Gelaran pesta olahraga ini juga mendapatkan dukungan dari konfederasi buruh.

Presiden  Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal, menegaskan, masyarakat buruh mendukung jalannya Asian Games yang tertib dan damai, dan merupakan kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Ia menambahkan, nilai yang baik tercermin dari suksesnya pelaksanaan Asian Games.

Read 892 times