Tuesday, 21 August 2018 00:00

Pantai Olele

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Gorontolo, provinsi di pulau Sulawesi ini terkenal akan keindahan alamnya. Sesuai dengan julukannya “The Hidden Paradise”, kota ini menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Mulai dari wisata pantai, air terjun, budaya maupun makanannya yang sangat beragam. Wilayahnya yang berada di kepulauan tidak heran menawarkan banyak sekali wisata pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya Pantai Olele. Berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Gorontalo, Pantai Olele di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango relatif mudah dijangkau. Pantai dengan aktivitas nelayan yang cukup padat ini menawarkan pemandangan yang indah, khususnynya bawah laut pantai ini.

Pantai Olele merupakan pintu gerbang menuju Taman Laut Olele. Berkunjung kesana, anda dapat menemukan pantai dengan pasir putih dan terumbu karang yang indah hingga keindahan biota laut. Pantai ini memiliki terumbu karang dan ekosistem laut yang masih terjaga. Bahkan sebagian biota laut memiliki kekhasan yang tidak dijumpai di kawasan pesisir lain. Karenanya, pantai ini merupakan lokasi yang tepat bagi anda pencinta diving dan snorkeling. Jika ingin snorkeling atau diving, di Pantai Olele tersedia jasa sewa alat snorkeling dan menyelam. Instruktur serta guide berpengalaman siap pula menemani eksplorasi surga bawah laut anda.

Setidaknya, ada sembilan spot (titik) diving di Olele. Masing-masing titik memiliki keindahan tersendiri. Di antaranya, Goa Jin, yaitu kawasan terumbu karang yang berbentuk goa. Beragam ikan kecil aneka warna ikut menghiasi keindahan lokasi Goa Jin. Selain Goa Jin, ada spot yang tidak kalah indahnya. Namanya Salvador Dali. Spot tersebut merupakan area yang memiliki rongga terumbu karang yang menawan. Konon, nama Salvador Dali diberikan karena mirip lukisan Salvador Dali, seorang pelukis terkenal. Tempat lainnya juga tidak kalah indah. Ada spot yang karangnya berbentuk seperti tiang serta bunganya berbentuk seperti sarang lebah. bagi anda yang tak bisa diving, anda bisa menyewa perahu kaca. Perahu tersebut merupakan buatan penduduk yang siap membawa wisatawan yang hendak mengarungi perairan untuk menikmati keindahan terumbu karang dengan warna-warni, jenis ikan, dan biota laut lain. Bagi anda yang ingin bermalam, sayangnya di pantai Olele tidak tersedia penginapan. Anda bisa menginap di rumah penduduk.

Read 916 times