Wednesday, 03 January 2024 18:03

Tahun 2024, Tahun Penuh Optimisme

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Sejumlah wisatawan menyaksikan matahari terbit perdana 2024 di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pasuruan, Jawa Timur, Senin (1/1/2024). (Foto: Antara/Irfan Sumanjaya)

 

Tahun baru, memang seharusnya disambut dengan optimisme yang tinggi. Untuk Indonesia, secara khusus hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin setelah membuka Bursa Efek Indonesia, Selasa (2/1/2024). Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, setelah mengalami perbaikan pada tahun 2023, tahun 2024 menjadi tahun optimistis yang diharapkan penuh berkah. Optimisme yang disampaikan Wakil Presiden memang dalam konteks pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam sambutannya di Bursa Efek Indonesia, Wakil Presiden memaparkan data Badan Pusat Statistik yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan III-2023 mencapai hampir 5 persen (year-on-year). Menurut Wapres prestasi ini salah satunya ditopang oleh kinerja pasar modal Indonesia. Wapres optimis bahwa kinerja pasar modal dapat menopang stabilitas pertumbuhan ekonomi pada tahun 2024 melalui kebijakan yang tepat.

 

Sebelumnya, dalam akun Instagram @jokowi, Presiden Joko Widodo menulis, Indonesia bisa melalui semua tantangan pada tahun 2023 dengan adanya persatuan dan gotong royong. Presiden menambahkan, memasuki tahun 2024 dengan semangat dan optimisme, Indonesia telah berjalan di atas jalur yang benar dan siap menghadapi tantangan apapun di masa depan.

 

Optimisme yang tinggi memang harus menjadi semangat seluruh rakyat Indonesia dalam memasuki tahun 2024. Apalagi tahun ini memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia karena akan dilaksanakannya pemilihan umum untuk memilih wakil rakyat yang akan menyampaikan aspirasi mereka di Dewan Perwakilan Rakyat. Juga pemilihan presiden, untuk memilih Presiden yang akan memimpin Indonesia mencapai hasil gemilang selama lima tahun ke depan.

 

Rakyat Indonesia harus optimistis pelaksanaan pemilihan umum yang dilaksanakan pada 14 Februari 2024 akan sukses. Khusus para calon pemilih, keyakinan pemilu berjalan dan berhasil baik, harus ditunjukkan sejak awal. Seperti misalnya, memastikan bahwa dirinya terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2024. Tidak termakan info-info yang belum pasti kebenarannya tentang tidak terdaftarnya calon pemilih dalam daftar pemilih tetap.

 

Tidak bisa kesuksesan Pemilu 2024 hanya disandarkan kepada penyelenggara pemilihan umum, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Setiap warga negara Indonesia harus mengambil peran sesuai kapasitasnya.

 

Memasuki tahun yang baru lebih baik dari tahun sebelumnya adalah harapan semua orang. Tetapi harapan hendaknya disertai dengan tindakan nyata. Dengan optimisme yang tinggi disertai kerja keras yang tepat, barulah semua harapan dapat terwujud.

Read 150 times