Wednesday, 29 August 2018 00:00

Pantai Pandansari

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Edisi kali ini, akan memperkenalkan salah satu destinasi wisata dari Yogyakarta.

 Kabupaten Bantul, Yogyakarta terletak berdekatan dengan samudera Hindia. Jadi, tidak heran jika banyak pantai menawan di tempat ini. Selain karena deburan ombak dan pasirnya yang berwarna hitam, akses menuju lokasi wisata di Bantul yang mudah dijangkau membuat Bantul menjadi tempat wisata favorit wisatawan. Salah satu destinasi favorit di bantul adalah Pantai Pandansari.

 

 Pantai Pandansari berada di Desa Patehan, Gadingsari, Sanden, Bantul. Pantai ini berada di deretan pantai lain seperti Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Pandansimo, dan Pantai Kuwaru. Lokasi ini dapat ditempuh dari kota Yogyakarta dengan jarak sekitar 30 km. Waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan tersebut sekitar 1,5 jam. Walau akses menuju ke lokasi wisata ini cukup mudah, angkutan umum yang dapat mencapai lokasi Pantai Pandansari masih belum tersedia. Jadi sebaiknya wisatawan membawa atau menyewa kendaraan.

 

 nama Pandansari berasal dari kondisi di sekitar pantai. Di pantai ini banyak pohon pandan yang tumbuh liar. Meski pantai ini kalah pamor dengan pantai-pantai di sekitarnya, kondisi dari pantai ini sendiri lebih bersih dan rapi jika dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya. Berkunjung ke Pantai Pandansari pada pagi hari, Anda akan menemukan warga sekitar memancing di tempat ini. Wisatawan pun diperbolehkan untuk ikut memancing, namun harus berhati-hati karena ombaknya besar dan ada karang yang cukup banyak.Pantai Pandansari menjadi satu-satunya pantai di Yogyakarta yang memiliki mercusuar. Mercusuar setinggi kurang lebih 40 meter ini memiliki anak tangga melingkar yang dapat dinaiki hingga ke puncaknya. Mercusuar tersebut bernama Mercusuar Kalajivamasti yang dibangun pada tahun 1996 dan baru digunakan pada tahun 1997 sebagai tanda atau rambu dan penerangan bagi kapal yang berlayar di malam hari. Untuk dapat masuk dalam mercusuar ini, biaya yang dikenakan hanya sebesar Rp 5.000 saja.

 

puas bermain di pantai dan mengintip pantai dari puncak mercusuar, wisatawan dapat beristirahat di dalam hutan cemara yang membentang membentengi Pantai Pandansari. Di tempat ini wisatawan juga dapat menikmati bekal ataupun berburu foto dengan latar yang indah.

Cemara yang memenuhi bibir pantai menciptakan suasana sejuk dan asri. Jika berkunjung saat musim hujan, pohon cemara akan memiliki daun yang lebat dan berwarna hijau. Sedangkan jika musim kemarau, seluruh daunnya akan rontok dan meninggalkan ranting-rantingnya yang berwarna kecoklatan. Berada di dalam hutan cemara ini serasa menikmati keindahan musik gugur khas Negara Jepang.

 

 

Read 878 times
More in this category: « Ritual Kewur Uwi Mendoan »