Friday, 26 January 2018 00:00

Lagu Daerah

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Edisi kali ini, menghadirkan lagu-lagu dari daerah Maluku Utara.

setiap daerah di Indonesia memiliki lagu daerah masing-masing. Ada lagu yang menonjolkan musik khas daerahnya, atau lagu-lagu yang menggunakan bahasa daerah.  Diantara lagu daerah tersebut ada yang sudah populer tak hanya di dearah asalnya, namun juga di Indonesia, seperti lagu Hela Rotane yang baru saja kita dengarkan. Selain sering dibawakan dalam acara-acara ditingkat nasional, Hela Rotane bahkan juga dibawakan dalam acara-acara internasional. Iramanya yang ceria membuat lagu ini enak didengarkan.

Hela Rotane bercerita tentang sebuah permainan tradisional yaitu hela rotan. Di Daerah lain permainan ini disebut tarik tambang. Hela berarti tarik dan rotan adalah tanaman rotan yang digunakan sebagai alat lomba adu kekuatan. Jika di daerah lain menggunakan tali, masyarakat Maluku menggunakan rotan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh sosial masyarakatnya pada masa lalu.

seperti judulnya, lagu ini bercerita tentang kota Ternate, sebuah kota di provinsi Maluku Utara. Lagu ini diantaranya juga menceritakan tentang alam dan pemandangan yang indah di Ternate, seperti gunung Gamalama, dan kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan.

Pendengar, dalam kesehariannya masyarakat Maluku Utara menggunakan bahasa Melayu Maluku Utara atau bahasa Melayu Ternate, yang tentunya juga digunakan dalam lagu-lagunya.  Di wilayah kepulauan Sula, masyarakatnya menggunakan bahasa Melayu Sula yang mirip dengan bahasa Melayu Ambon, namun strukturnya tetap mengikuti bahasa Maluku Utara. Seperti masyarakat Maluku pada umumnya, masyarakat Maluku Utara pun gemar menyanyi.   

Untuk mengakhiri Pelangi Nada kali ini, mari kita dengarkan 2 buah lagu daerah Maluku Utara berjudul “Halmahera” yang dibawakan oleh Soraya Kamarullah, dan lagu “Banau” yang dibawakan oleh Dewi Usman.// Wati

Read 2750 times