Friday, 05 October 2018 00:00

Peringatan HUT TNI ke- 73

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Tanggal 5 Oktober diperingati sebagai hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia-TNI. Pada 5 Oktober 2018 ini, TNI Republik Indonesia memasuki usia ke 73 tahun. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan peringatan hari ulang tahun ke-73 TNI dilakukan di setiap kota dari Sabang hingga Merauke. Di Jakarta, pameran alat utama sistem persenjataan atau Alutsista milik TNI dilakukan di Monumen Nasional-Monas, Jakarta. Pameran digelar mulai Kamis hingga Sabtu, 27 hingga 29 September 2018. Alutsista yang dipamerkan diantaranya adalah tank anoa, komodo dan leopard. Setiap tahunnya, pameran alutsista di Monas menarik perhatian masyarakat yang ingin melihat langsung atau berswa foto dengan alutsista.  

Tidak hanya di Jakarta, Pada Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 73, dan Kodam IV/ Diponegoro akan diselenggarakan pameran alutsista di Landasan Udara TNI Angkatan Darat Ahmad Yani Semarang. Kepala Penerangan Daerah Militer  IV/ Diponegoro, Kolonel Arh Zaenudin mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan pada 5 hingga 7 Oktober 2018. Pembukaan pameran dilaksanakan usai upacara di Lanumad Ahmad Yani pada 5 Oktober. Pada pameran ditampilkan alutsista dari Angkatan Darat, Laut, dan Udara dimana helikopter Apache akan menjadi sorotan utama. Pada acara tersebut juga akan menampilkan peragaan bela diri TNI Yong Moo Do, tarian, dan pentas seni. 

Memperingati HUT TNI ke-73, TNI mengadakan The Indonesian National Armed Forces International Marthon 2018 yang akan digelar di Pantai Kuta, The Mandalika, Bali. Lomba lari yang akan digelar pada 23 september 2018 ini berhadiah total Rp 10 miliar. Di Palembang, Pawai bendera pusaka merah putih diarak keliling kota pada Sabtu 29 September 2018. Arak-arakan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pawai Bendera atau Flag Relay menyambut HUT TNI.  Rangkaian flag relay dilaksanakan secara estafet melibatkan personel TNI-Polri dan elemen masyarakat. Setelah Palembang, pawai akan melewati sejumlah kota besar lainnya, seperti Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Manado, Kupang, Ambon, Sorong dan berakhir di Merauke.

Read 838 times