Thursday, 11 October 2018 05:59

Penyelamatan Terumbu Karang Juga Dibahas Dalam Pertemuan IMF-Bank Dunia.”

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Memulai rangkaian pertemuan tahunan, para petinggi Dana Moneter Internasional IMF dan Bank Dunia (WBG) bersama sejumlah Menteri Kabinet Kerja melakukan penanaman terumbu karang di kawasan Nusa Dua, Bali, Minggu (7/10).

Acara  dihadiri oleh Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan ditemani oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Menteri Keuangan Sri Mulyani pun berjanji akan membahas isu lingkungan pada acara Pertemuan Tahunan, yang bukan hanya membahas persoalan ekonomi saja. Kepada media Sri Mulyani mengatakan, 60 persen jenis spesies terumbu karang ada di Indonesia dari keseluruhan terumbu karang di dunia, atau yang terbesar di dunia. Semua pihak harus mulai memikirkan sebuah bentuk perlindungan. Ia berjanji akan membawa isu ini ke Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 Bali. Sri Mulyani beralasan, terumbu karang Indonesia bukan hanya milik Indonesia, melainkan juga milik dunia yang harus dilindungi bersama untuk generasi mendatang.

Sementara itu, Menko Maritim, Luhut Pandjaitan mengatakan, kegiatan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia untuk melestarikan lingkungan, terutama di laut. Area Nusa Dua sendiri adalah bagian dari coral triangle. Terumbu karang bukan hanya tempat tinggal bagi biota laut, tetapi sumber protein yang besar.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde mengatakan, ini merupakan kesempatan kedua baginya untuk ikut dalam kegiatan peduli lingkungan bersama Menteri Luhut. Sebelumnya, Lagarde ikut dalam kegiatan pembersihan sungai dari sampah terutama plastik. Lagarde menambahkan, terdapat beberapa wujud kepedulian IMF terhadap lingkungan diantaranya, melakukan riset dan menerbitkan laporan mengenai bagian mana di bumi yang paling baik dan buruk terdampak perubahan iklim. Selain itu, IMF juga menyiapkan skema pembiayaan untuk perlindungan (insurance) terhadap kelestarian lingkungan. Menurut Lagarde menanam terumbu karang ini menunjukkan kepedulian IMF terhadap lingkungan, perubahan iklim.

Read 11 times