Friday, 12 October 2018 09:56

Lagarde Sebut Pertumbuhan Ekonomi 3,7 Persen Belum Cukup Kuat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Dana Moneter Internasional (IMF) menilai pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 3,7 persen belum cukup kuat untuk menghadapi segala tantangan. Hal itu disampaikan oleh Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde saat konferensi pers di Ruang Nusantara, Hotel Westin, Nusa Dua pada Kamis (11/10), di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia. Ia mencatat, ada beberapa tantangan yang dihadapi dunia. Salah satunya, perang dagang khususnya antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok.

“Ya, ekonomi cukup kuat pada saat ini. Ekonomi diperkirakan tetap stabil pada angka 3,7% tahun ini dan tahun depan. Pertanyaan sebenarnya adalah apakah ekonomi cukup kuat, jawabannya mungkin tidak cukup kuat. Karena kami melihat pertumbuhannya dalam 3 tahun berturut-turut mandek pada level 3,7% dan pertumbuhannya tidak merata di seluruh dunia. Jika ketegangan terus berlangsung maka perekonomian global akan mengalami pukulan yang signifikan. Maka kami sangat merekomendasikan untuk mengurangi ketegangan tersebut dan mengupayakan sistem perdagangan global yang lebih kuat, lebih adil, sesuai dengan tujuan dan sesuai untuk masa depan.”

Menurut Lagarde, dalam beberapa tahun terakhir, ketimpangan yang berlebihan yang dihasilkan oleh teknologi, perdagangan, integrasi, dan kebijakan kerja modal telah meningkatkan ketegangan ekonomi dan sosial terutama di negara-negara ekonomi maju. Oleh karena itu, Lagarde menegaskan bahwa dunia membutuhkan kebijakan dan reformasi yang tidak hanya mendorong pertumbuhan tetapi juga harus inklusif dan berkelanjutan. Dia menekankan bahwa dunia membutuhkan kerjasama internasional. (pane/edit r)

Read 30 times Last modified on Friday, 12 October 2018 14:20