Tuesday, 30 January 2018 12:45

Dangdut Camelia Malik

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pada edisi pelangi nada kali ini, kami hadirkan lagu-lagu dangdut  ke ruang dengar anda. Jadi tetaplah bersama kami di RRI World Service Voice of Indonesia yang bisa anda dengar melalui shortwave di 9525 kHz, live streaming di www.voinews.id atau melalui aplikasi RRI Play di ponsel pintar anda.

anda baru saja mendengarkan lagu berjudul COLAK COLEK yang dinyanyikan oleh penyanyi dangdut Camelia Malik. Diciptakan oleh mantan suaminya sendiri, Reynold Panggabean, lagu ini bercerita tentang hobi anak pada masa itu yang suka colak- colek. Lagu Colak Colek dirilis tahun 1977 dan menghadirkan musik dangdut yang berbeda pada zamannya kala itu. Musik Colak Colek mengabungkan musik pop, salsa dan rock dengan musik dangdut. Musik dangdut yang awalnya dianggap kampungan, dengan hadirnya lagu ini musik dangdut naik kelas dan disukai oleh banyak kalangan. Buktinya, saat ia tampil dalam acara Live Show Camelia Malik di Shibuya Seed Hall, Tokyo, Jepang. Banyak pemuda Jepang histeris dan meneriakkan"Telah Lahir Musik Baru", sambil bergoyang menikmati musik dangdut. Demikian pula di Kota San FransiscoLos Angeles, dan New York.Bahkan lagu Colak Colek mendapat penghargaan dari Pusat Penerangan ABRI (Angkatan Bersenjata Republik Indonesia). Suksesnya lagu ini, tentunya memperkukuh posisi Camelia Malik sebagai penyanyi dangdut tanah air. Sebelum kembali mengupas lagu-lagu Camelia Malik lainnya, mari dengarkan lagu berjudul KASAK KUSUK berikut ini.

 

penyanyi kelahiran Jakarta ini memulai kariernya di belantika musik dangdut sejak tahun 1970an. Ia dikenal sebagai “Diva Dangdut Jaipongan”, karena tari jaipongan menjadi ciri khasnya saat membawakan lagu dangdut. Sukses merilis lagu perdananya berjudul COLAK COLEK, Camelia kemudian merilis lagu berjudul KASAK KUSUK yang baru saja anda dengarkan. Seperti lagu sebelumnya, lagu ini pun diciptakan oleh Reynold Panggabean. Suksesnya lagu Colak Colek, Reynold pun terispirasi membuat lagu dengan judul yang mirip, yakni KASAK KUSUK. Ia bermain kata ulang dengan syair yang genit dan menggoda. Lagunya bercerita tentang nasehat agar tidak kasak kusuk hanya karena dengki dan iri, karena semuanya tiada guna. Mengakhiri pelangi nada dangdut kali ini, lagu DIMANA KEMANA dan KELANGKANG CINTA hadir ke ruang dengar anda. // Dora

Read 1781 times
More in this category: « Keroncong Cakra Khan »