Monday, 29 January 2018 09:53

Keroncong

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Edisi kali ini, menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi-penyanyi keroncong wanita Indonesia. Untuk membuka perjumpaan kali ini, kita dengarkan sebuah lagu berjudul Bandar Jakarta dibawakan oleh Sumiyati.

Bandar Jakarta adalah sebuah lagu keroncong asli yang bercerita tentang kota Jakarta. Bukan tentang kemegahan atau gemerlapnya kota metropolitan di malam hari , namun mengangkat sisi lain dari kota Jakarta. Menggambarkan keindahan suasana pesisir pantai Jakarta yang dilindungi oleh kepulauan seribu. Angin yang berhembus, perahu nelayan dan burung-burung yang hendak pulang ke sarangnya. Itulah lukisan alam keindahan pesisir pantai Jakarta di senja hari.

Sumiati menyanyikan lagu ini dengan sangat baik, sehingga mampu menyampaikan pesan dari penulis lagu. Didukung oleh karakter vocalnya yang kuat dan khas dalam membawakan lagu keroncong.  Sumiyati merupakan saudara perempuan dari penyanyi Mus Mulyadi. Sumiyati sebelumnya berprofesi sebagai penyanyi keroncong di negeri Belanda, dan pulang ke Indonesia bertepatan dengan hari wafatnya Bung Karno, presiden Indonesia.

sebelum kita lanjutkan, berikut kami hadirkan sebuah lagu keroncong berjudul Setangkai Bunga Mawar, dibawakan oleh Gina Sadeli.

lagu Setangkai Bunga Mawar bercerita tentang setangkai bunga berwarna merah yang menjadi tanda cinta antara sepasang anak manusia. Perjalanan cinta terkadang tidak selamanya berjalan indah. Bunga mawar merah yang dulu indah dipandang, kini tinggal kenangan. Karena orang yang disayangi telah pergi dan tidak kembali. Itulah cerita dalam lagu yang dibawakan oleh Gina Sadeli ini.

Meskipun pernah membawakan sejumlah lagu-lagu keroncong, namun tidak banyak informasi tentang perjalanan karier musik Gina Sadeli di dunia hiburan Indonesia. Namun demikian, Gina membawakan lagu keroncong ini dengan baik.

untuk mengakhiri Pelangi Nada kali ini, kita dengarkan 2 buah lagu yang dibawakan oleh Sumiyati berjudul Kemayoran dan lagu Bandung Selatan di Waktu Malam yang dibawakan oleh Gina Sadeli.  Selamat mendengarkan dan sampai jumpa pada pelangi nada edisi berikutnya.// Wati

Read 994 times