Monday, 26 November 2018 00:00

Keroncong

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Edisi kali ini menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi-penyanyi berbakat wanita Indonesia. Sebagai pembuka dengarkan sebuah lagu berjudul Langgam Kerinduan, yang dibawakan oleh Mamiek Marsudi.

Demikianlah lagu berjudul Langgam Kerinduan. Sebuah lagu bernada sendu dengan irama mendayu yang dibawakan oleh Mamiek Marsudi. Lagu ini bercerita tentang kerinduan kepada sang kekasih yang sudah lama merantau. Walaupun mencoba melupakan, namun kerinduan itu tetap ada. Mamiek Marsudi atau Prasitoresmi memiliki suara merdu dan mendayu. Dia lebih dikenal sebagai penari. Kepiawaiannya dalam menari dan menyanyi keroncong telah mengantarkannya ke berbagai negara sebagai duta dalam misi kebudayaan. Ketertarikannya pada musik keroncong dimulai saat suaminya, Marsudi membawakan kaset keroncong yang diberi oleh Manajer Anjungan Jawa Tengah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tahun 1983 silam. Salah satu lagu yang disukai Mamiek dalam kaset itu adalah Bunga Sekuntum. Berbekal satu lagu ini dia pun mulai mengikuti lomba lagu keroncong dan meraih juara. Sejak saat itu bakat menyanyinya semakin terasah.

Baiklah pendengar, selanjutnya kita dengarkan sebuah lagu keroncong yang dibawakan oleh penyanyi keroncong Indonesia lainnya yaitu Tetty Supangat, dengan lagu berjudul Riwayat Sangkuriang. Demikianlah lagu berjudul Riwayat Sangkuriang yang dibawakan oleh Tetty Supangat. Syair lagu ini diambil dari sebuah cerita legenda dari daerah Sunda atau Jawa Barat. Cerita yang dipercaya masyarakat, dibalik terciptanya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang dan Gunung Bukit Tunggal. Irama lagu Sunda atau Jawa Barat sangat kental dalam lagu ini yang kemudian dibalut dengan alunan musik keroncong. Tetty Supangat merupakan satu diantara penyanyi berbakat Indonesia. Dalam dunia musik keroncong Tetty masuk nominasi dalam AMI Award untuk kategori penyanyi solo pada tahun 2015 dan 2017.

Read 1238 times Last modified on Monday, 26 November 2018 14:12
More in this category: « Indra Lesmana Melayu »