Tuesday, 04 December 2018 00:00

Melayu

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Pada edisi pelangi nada kali ini, kami hadirkan lagu-lagu Melayu.Pelangi Nada Melayu kali ini saya putarkan lagu “PAK KETIPAK KETIPUNG” atau yang juga dikenal dengan judul “RENTAK 106”, dinyanyikan oleh JAY WIJAYANTO. Lagu ini bercerita tentang nasehat-nasehat kehidupan.  inilah JAY WIJAYANTO dengan “PAK KETIPAK KETIPUNG”

anda baru saja mendengarkan lagu melayu berjudul “PAK KETIPAK KETIPUNG”. Lagu yang tersusun dari bait-bait pantun ini merupakan lagu khas Melayu Riau. Lagu ini sering dinyanyikan di acara hajatan, seperti pernikahan sebagai hiburan. Lagu PAK KETIPAK KETIPUNG sudah banyak dipopulerkan oleh berbagai penyanyi dengan versi musik yang berbeda-beda. Untuk versi JAY WIJAYANTO kali ini, lagunya hanya diiringi musik akordion dan gendang.

Lagu melayu lainnya akan segera hadir ke ruang dengar anda. Kali ini berjudul “SEKAPUR SIRIH SEULAS PINANG”. Dinyanyikan oleh ZURIN ANIZA, lagu ini bercerita tentang seseorang yang ditinggal pergi sang kekasih ke medan perang.

lagu berjudul SEKAPUR SIRIH SELUAS PINANG baru saja anda dengarkan. Lagu ini terdiri dari bait-bait pantun dengan musik mendayu-dayu khas Melayu.

Mengakhiri Pelangi Nada Melayu kali ini, lagu berjudul ZAPIN MELAYU dinyanyikan oleh LESTI. Lagu ciptaan Pak Ngah, komposer dan arranger asal Malaysia ini terdiri dari pantun-pantun berirama. Lagu ini bercerita tentang keindahan Tari Zapin. Zapin adalah tarian rakyat rumpun melayu. Kata zapin berasal dari bahasa arab yaitu ‘Zafin’ yang memiliki arti gerak kaki cepat yang mengikuti rentak pukulan gendang. Tari ini merupakan satu dari beberapa jenis tarian Melayu yang masih eksis sampai sekarang dan umumnya dijumpai di daerah Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan dan Bengkulu. Musiknya sendiri upbeat dengan nuansa melayu yang kental.

Read 2992 times Last modified on Tuesday, 04 December 2018 09:42
More in this category: « Keroncong Keroncong »