Monday, 03 December 2018 00:00

Keroncong

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Edisi kali ini, menghadirkan lagu-lagu bernuansa keroncong yang dibawakan oleh penyanyi-penyanyi Indonesia. Sebagai pembuka perjumpaan kali ini, dengarkan sebuah lagu berjudul Lukisan Malam yang dibawakan oleh Sam Saimun. Demikianlah lagu berjudul Lukisan Malam yang dibawakan oleh Sam Saimun. Lagu ini bercerita tentang keindahan malam yang dihiasi bintang-bintang yang bertaburan di langit dan angin yang berhembus perlahan menyapu bumi.

Sam Saimum adalah seorang penyanyi Indonesia era 1950 an yang memiliki suara lembut, berkarakter. Banyak orang mengatakan vibrasi suaranya sangat mirip dengan penyanyi berkebangsaan Amerika Nat King Cole. Lagu-lagu keroncong yang dinyanyikannya terangkum dalam sebuah album bertajuk “Koleksi Emas Keroncong”. Walaupun lebih banyak membawakan lagu bergendre keroncong, namun Sam Saimun juga membawakan lagu bergendre pop serta pop Melayu. Lelaki kelahiran tahun 1924 ini sering membawakan lagu-lagu keroncong di Radio Republik Indonesia (RRI). Dia bahkan disejajarkan dengan komposer Ismail Marzuki, Maladi, sang Maestro Keroncong Gesang atau Waldjinah.

selanjutnyadengarkan sebuah lagu keroncong lainnya berjudul Wanita yang dibawakan oleh Indra Utami Tamsir.

demikianlah lagu berjudul Wanita yang dibawakan oleh Indra Utami Tamsir. Sebuah lagu yang bercerita tentang wanita dengan segala kekuatan dan kelebihannya, baik kecantikan fisik serta kelembutannya. Lagu ini menjadi andalan dalam Album keroncong Indra Utami Tamsir bertajuk Wanita Indonesia yang diluncurkan pada pertengahan 2016, yang terdiri dari 13 lagu. Menurut Utami, lagu “Wanita” merupakan karya komposer Ismail Marzuki, bergendre pop yang dikemas ulang menjadi keroncong.

kehadiran Indra Utami Tamsir di dunia hiburan Indonesia, khususnya di jalur musik keroncong masih tergolong baru. Namun kemampuannya di bidang musik keroncong mendapat sambutan yang cukup baik di tengah masyarakat pencinta musik tanah air. Setelah peluncuran album bertajuk Wanita Indonesia pada 2016, Indra Utami Tamsir menyelenggarakan konser di beberapa kota di pulau Jawa, seperti di Blora, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, Malang, Surabaya, Bali dan diakhiri di Jakarta. Konser yang diadakan pada bulan September itu mengangkat tajuk yang sama dengan judul albumnya, Wanita Indonesia.

Indra Utami Tamsir pernah menerima penghargaan AMI AWARDS dari Yayasan Anugerah Musik Indonesia pada tahun 2013 sebagai penyanyi solo wanita kategori keroncong (langgam) terbaik. Saat itu Utami tampil berkolaborasi bersama orkes keroncong “Pesona Jiwa” pimpinan Koko Thole. Untuk mengakhiri Pelangi Nada kali ini, kita dengarkan sebuah lagu yang dibawakan oleh Indra Utami Tamsir berjudul Cinta Sejati. Lagu ini merupakan sountrack sebuah film Indonesia berjudul Habibie dan Ainun.

Read 1225 times Last modified on Monday, 03 December 2018 13:57
More in this category: « Melayu Melayu »