Wednesday, 31 January 2018 13:35

Kerajaan Belanda Fokus pada Pengembangan Agrikultur yang Berkelanjutan di Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

wakil dubes belandaKerajaan Belanda merupakan negara yang bergantung kepada sektor agrikultur dan merupakan negara terbesar kedua pengekspor produk-produk agrikultur di dunia. Oleh karena itu Kerajaan Belanda terus berkomitmen untuk mewujudkan sektor agrikultur yang berkelanjutan, termasuk dengan Indonesia sebagai negara mitra kerjasama. Proyek-proyek kerjasama agrikultur antara Kerajaan Belanda dan Indonesia hingga kini terus mengupayakan edukasi kepada masyarakat Indonesia terkait bagaimana mewujudkan sektor agrikultur yang berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan Wakil Duta Besar Kerajaan Belanda untuk Indonesia, Ferdinand Lahnstein kepada Voice of Indonesia di Jakarta, Selasa 30 Januari 2018.

‘’Kami ingin mereka belajar praktek-praktek berkelanjutan jika mereka ingin terus bertani di masa depan. Jika tidak berkelanjutan lahannya akan terdegradasi dan mereka tidak bisa menggunakannya lagi untuk bertani. Keberlanjutan juga merupakan pilar utama dalam pendekatan yang sedang kami lakukan dalam proyek ini." ungkap Ferdinand Lahnstein.

Ferdinand Lahnstein lebih lanjut mengatakan, pengembangan agrikultur yang berkelanjutan telah dilakukan oleh Pemerintah Kerajaan Belanda sejak dua dekade lalu. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mewujudkan sektor agrikultur yang berkelanjutan adalah dengan menciptakan sebuah sistem yang disebut dengan “triple-helix” yang melibatkan para pengusaha, organisasi non-pemerintah, dan institusi pendidikan. Sistem tersebut yang nantinya juga akan diaplikasikan di Indonesia. (Rezha)

Read 1037 times Last modified on Thursday, 01 February 2018 03:23