Wednesday, 19 December 2018 07:27

Indonesia, Tiongkok, dan India Kerjasama Tingkatkan Industri Teh

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Negara penghasil sekaligus konsumen teh terbesar di Asia, Indonesia, Tiongkok, dan India, sepakat menjalin kerja sama pengembangan komoditas tersebut. Salah satu wujud dari kerjasama itu antara lain kampanye bersama peningkatan konsumsi teh hijau dan teh hitam berkualitas tinggi di pasar global, terutama di Eropa, Amerika Serikat, dan Timur Tengah.

Kerjasama tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang dilakukan Indonesian Tea Marketing Assocation, China Trade Marketing Association,dan perwakilan The Indian Tea Association di Jakarta, Senin (17 Desember). Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan bagian dari kegiatan Asian Tea Conference yang diselenggarakan oleh Business Watch Indonesia.

Di dalam perjanjian itu disebutkan, bentuk kerja sama yang akan diterapkan adalah pengembangan kerangka kerja yang dapat diterima bersama untuk keberlanjutan teh di Asia berdasarkan tujuan pembangunan berkelanjutan, pelestarian ekosistem, dan keamanan produk. Selain itu, seluruh pihak akan memperkuat kemitraan dengan membangun platform bersama. Tujuannya adalahsebagai wadah konsultasi bagi pemangku kepentingan, termasuk pemerintah. Dengan demikian akan terciptakeselarasan pemahaman terkait dengan kondisi struktural pasar internasional serta tren jangka panjang dalam produksi dan konsumsi. Chairperson Indonesian Tea Marketing Association, Cathalia Randing, usai penandatanganan nota kesepahamanmengatakan, hal ini untuk menyeimbangkan penawaran - permintaan, menghasilkan harga yang adil, baik untuk konsumen maupun untuk produsen.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Tjahja Widayanti, mengungkapkan, produk teh lokal saat ini sudah mampu bersaing dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Hal itu terlihat dari ekspor teh yang secara volume terus meningkat. Ia mengatakan, Kementerian Perdagangan terus berupaya meningkatkan kualitas produk-produk Indonesia, termasuk teh. Pihaknya terus berupaya membuka akses pasar yang lebih luas terutama untuk pasar global.

Read 757 times Last modified on Friday, 21 December 2018 06:43