Wednesday, 09 January 2019 00:00

Film "Kembalilah Dengan Tenang" lolos seleksi Festival Film Prancis

Written by 
Rate this item
(0 votes)

"Kembalilah dengan Tenang", sebuah film pendek yang disutradarai dan diproduksi oleh sineas Yogyakarta Reza Fahriyansyah bersama Crazyone!!! Films, lolos dalam seleksi program kompetisi internasional "41st Clermont-Ferrand International Short Festival", Prancis.

Produser film "Kembalilah dengan Tenang" Wimba Hinu Satama menjelaskan, Film ini menjadi satu-satunya film Indonesia yang lolos dalam salah satu festival film pendek terbesar di dunia tersebut.Menurut dia, festival itu digagas oleh Clermont-Ferrand University Film Society pada 1979 dan terus berjalan setiap tahunnya hingga sekarang. Clermont-Ferrand International Short Film Festival ke-41 akan diselenggarakan pada 1-9 Februari 2019 di Clermont-Ferrand, Prancis.

Film "Kembalilah dengan Tenang" akan ditayangkan di beberapa lokasi pemutaran Clermont-Ferrand International Short Film Festival. Penayangan itu akan menjadi penayangan internasional perdana setelah sebelumnya ditayangkan pada perhelatan JogjaNetpac Asian Film Festival (JAFF) ke-13 di Yogyakarta pada program Light of Asia.

Tercatat 9.238 film dari seluruh dunia telah mendaftar dan hanya 76 film yang lolos proses seleksi dalam program kompetisi internasional. Film pendek “Kembalilah Dengan Tenang” berdurasi 25 menit. Sutradara "Kembalilah dengan Tenang" Reza Fahriyansyah mengatakan awalnya dia dan teman-teman Crazyone!!! Films memang sudah memiliki target distribusi ke festival film di luar negeri . Namun, ia tidak menyangka akan masuk di Clermont-Ferrand International Short Festival.

Film itu memakan waktu pengambilan gambar selama tiga hari setelah sebelumnya melalui proses pra-produksi selama tiga bulan. Ide cerita film itu sudah ada sejak dua tahun lalu dan proses penulisan naskahnya sekitar setahun lebih.

"Kembalilah dengan Tenang" bercerita tentang duka Santoso dan Wati, sebuah keluarga kecil yang kehilangan anaknya secara mendadak. Beberapa karya film Reza sebelumnya juga berfokus pada cerita mengenai keluarga dan isu sosial. Proses produksi film "Kembalilah dengan Tenang" bertempat di Yogyakarta dengan melibatkan sineas film lokal.

Beberapa aktor yang terlibat dalam film itu antara lain Ernanto Kusuma, Siti Fauziah, Very Handayani, Banyu Bening, dan Misbakhu Rohim. Kembalilah dengan Tenang digarap dengan dukungan Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta melalui program pendanaan filmnya.

Read 827 times