Sunday, 04 February 2018 00:00

INASGOC Tetapkan Durasi Penanganan Masalah Asian Games.

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menggunakan teknologi canggih kamera dan aplikasi data dalam hampir setiap kegiatan di perhelatan akbar olahraga se Asia. Untuk melancarkan setiap kegiatan ASIAN GAMES, INASGOC membangun Pusat kendali kegiatan Main Operation Center (MOC) atau ruang pengendali operasi di Wisma Serbaguna, Senayan. Dalam Peresmian MOC, Rabu 31 Januari 2018  Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games 2018 mengatakan ruang pengendali itu bukan hanya diperuntukan pada kegiatan Asian Games di Jakarta melainkan juga seluruh kegiatan di Palembang, Sumatera Selatan. Wakil Presiden Jusuf Kalla,  mengatakan ruangan tersebut juga bisa mengetahui kegiatan di bandara, bis atlet macet atau tidak,  apakah ada kecelakaan, termasuk pemantauan di wisma atlet.

Sementara itu, Direktur Teknologi Informasi INASGOC Edi Prabowo di Jakarta, Rabu,   menetapkan durasi penanganan masalah yang muncul selama kegiatan penyelenggaraan Asian Games diselesaikan selama satu jam untuk persoalan yang bersifat rutin seperti rute transportasi atlet. Pihaknya akan mengantisipasi persoalan yang muncul di lapangan oleh masing-masing departemen INASGOC. Edi Prabowo mengatakan Ruang Kendali Operasional INASGOC memantau semua kegiatan penyelenggaraan melalui kamera pemantau, jaringan data atlet, ofisial, maupun sukarelawan, maupun lokasi armada bagi kontingen Asian Games.

Edi Prabowo menyontohkan persoalan yang harus mendapatkan respon cepat oleh Tim Pemantau seperti armada transportasi atlet dan ofisial dari wisma atlet menuju arena pertandingan yang berpotensi terjebak macet ataupun penanganan katering.    Tim Pengendali  akan mengarahkan pengemudi bus untuk mendapatkan rute alternatif. INASGOC, menurut Edi, juga bekerjasama dengan Kepolisian RI terkait penanganan persoalan lalu-lintas maupun keamanan dalam penyelenggaraan Asian Games ke-18. Pemantauan kegiatan INASGOC melalui ruang kendali operasional itu meliputi arena pertandingan, Stadion Utama Gelora Bung Karno, wisma atlet, jadwal pertandingan, manajemen lalu-lintas, cuaca, analisa media sosial, jam dunia, termasuk data dan lokasi sukarelawan. Ruang kendali operasional itu akan menjadi pusat kegiatan seluruh penyelenggaraan. Ruang itu menggunakan teknologi terbaru selalu menerima pembaruan dari lapangan.

Sebelumnya, Ketua INASGOC Erick Thohir meminta area parkir di kawasan Gedung DPR RI pada upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 demi kelancaran lalu-lintas di sekitar Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Erick Thohir mengatakan, Pada upacara pembukan dan penutupan, diperkirakan lebih dari 6.000 atlet akan mengikuti parade. 

Read 885 times Last modified on Friday, 02 February 2018 11:43